PENILAIAN KELAYAKAN OPERASIONAL TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) SAMPAH KAWATUNA DI KELURAHAN KAWATUNA, KECAMATAN MANTIKULORE, KOTA PALU, PROVINSI SULAWESI TENGAH

Ruslang, Nurdedy Wisyanto (2019) PENILAIAN KELAYAKAN OPERASIONAL TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) SAMPAH KAWATUNA DI KELURAHAN KAWATUNA, KECAMATAN MANTIKULORE, KOTA PALU, PROVINSI SULAWESI TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-S1-Nurdedy-W.R---114140044.pdf] Text
Skripsi-S1-Nurdedy-W.R---114140044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pengelolaan sampah yang ada pada TPA Sampah Kawatuna pada kenyataannya masih menggunakan sistem Open dumping yang dimana pengelolaan dengan sistem tersebut sudah tidak diperbolehkan lagi. Pengelolaan dengan sistem tersebut dapat menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan sekitar TPA Sampah Kawatuna dan juga dengan lajunya pertumbuhan penduduk maka volume sampah yang ada juga akan semakin bertambah sehingga diperlukannya pengelolaan sampah yang lebih baik lagi untuk meminimalisir dampak buruk yang dapat terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk evaluasi penilaian kelayakan operasional TPA Sampah Kawatuna dan menentukan arahan pengelolaan yang tepat berdasarkan nilai Indeks Resiko Lingkungan.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian (survey dan pemetaan), metode sampling (purposive sampling dan grab sampling) dan metode analisa (uji laboratorium, penilaian dan pembobotan berdasarkan Indeks Resiko Lingkungan). Parameter yang diamati sebanyak 27 parameter yang terdiri dari 20 parameter mengenai kriteria tempat pembuangan akhir, 4 parameter mengenai kriteria sampah di TPA dan 3 parameter mengenai karakteristik lindi yang berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Prasarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Jenis Sampah Rumah Tangga. Data tersebut dihitung dan dianalisa untuk mengetahui nilai resiko lingkungan tentang penutupan atau rehabilitasi TPA.
Hasil Penelitian menunjukkan TPA Sampah Kawatuna termasuk kedalam kriteria tingkat bahaya sedang dengan nilai indeks resiko sebesar 527,085. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa parameter yang mendapatkan nilai indeks sensitivitas bahaya atau mendekati bahaya. Oleh sebab itu maka tindakan yang disarankan ialah TPA diteruskan dan direhabilitasi menjadi lahan urug terkendali secara bertahap. Adapun arahan pengelolaan yang dilakukan untuk meminimalisir permasalahan kualitas lingkungan TPA Sampah Kawatuna yaitu dengan pendekatan teknologi yang terdiri dari, membuat sel sampah dengan lapisan dasar saniter, membuat pelapis dasar geosintetis, membuat sistem penangkap lindi dan pipa pengendali gas, lalu dengan pendekatan sosial ekonomi dan pendekatan institusi.
Kata Kunci: TPA Sampah Kawatuna, Indeks Resiko Lingkungan, Rehabilitasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Jun 2019 03:52
Last Modified: 17 Mar 2023 06:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19839

Actions (login required)

View Item View Item