DESAIN TEKNIS REKLAMASI TAMBANG BATUGAMPING DI DESA KLAPANUNGGAL, KECAMATAN KLAPANUNGGAL KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

Darmawan, Rakha Arief (2019) DESAIN TEKNIS REKLAMASI TAMBANG BATUGAMPING DI DESA KLAPANUNGGAL, KECAMATAN KLAPANUNGGAL KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Desa Klapanunggal merupakan salah satu desa di Kabupaten Bogor yang mempunyai sumber daya alam batugamping yang cukup besar sehingga banyak dilakukan penambangan oleh masyarakat. Kegiatan penambangan yang dilakukan tanpa mematuhi kaidah penambangan yang benar dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kerusakan lingkungan dan merencanakan reklamasi sebagai upaya pelestarian lingkungan.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey, pemetaan lapangan untuk mengetahui kondisi lahan dan pengharkatan untuk mengetahui tingkat kerusakan lingkungan. Pengharkatan mengacu pada Pedoman Kriteria Kerusakan Lahan Akses Terbuka Akibat Kegiatan Tambang Rakyat Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2015, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 2012 serta Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 43/MenLH/10/1996. Parameter tersebut yaitu sisa dasar galian, dinding galian, kemiringian tebing galian, tingkat kesuburan tanah, perlindungan tanah pucuk, aktivitas erosi, kerapatan vegetasi dan jarak galian dengan permukiman.
Hasil penelitian menunjukan dampak kegiatan penambangan mengakibatkan tingkat kerusakan lingkungan kategori sedang hingga berat dengan skor masing-masing yaitu sedang (17) dan berat (23). Arahan reklamasi tingkat kerusakan sedang dengan penebaran topsoil untuk revegetasi sistem pot 1 m x 1 m dan pembuatan embung ukuran bagian atas dimensi 100 m x 40 m x 1 m, bagian tengah 98 m x 38 m x 1 m kemudian bagian dasar 96 m x 36 m x 1 m. tiap jenjang lebar 2 m dan tinggi 1m sehingga volume deminsi 11.180 m3. Tingkat kerusakan berat dengan pembuatan jenjang dengan tinggi jenjang 3 m, lebar jenjang 8 m dengan sudut dinding jenjang 45o dan penebaran topsoil untuk revegetasi sistem pot 1 m x 1 m. Perencanan reklamasi sebagai hutan rakyat dengan jenis tanaman sengon dengan jarak tanam 4 x 4 meter, serta tanaman covercrop berupa rumput bede.
Kata kunci: Penambangan, Kerusakan Lingkungan, Rencanaan Reklamasi, Batugamping

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Jun 2019 01:42
Last Modified: 08 May 2023 06:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19782

Actions (login required)

View Item View Item