PENENTUAN KUANTITAS PRODUKSI TEMPE DENGAN MEMPERHATIKAN FLUKTUASI PERMINTAAN (Studi Kasus di UD Super Dangsul Bantul Yogyakarta)

Windiarti, Maria Yosefin Retno (2019) PENENTUAN KUANTITAS PRODUKSI TEMPE DENGAN MEMPERHATIKAN FLUKTUASI PERMINTAAN (Studi Kasus di UD Super Dangsul Bantul Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN LENGKAP.pdf]
Preview
Text
LAPORAN LENGKAP.pdf

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN-LENGKAP.pdf] Text
LAPORAN-LENGKAP.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
UD Super Dangsul merupakan perusahaan yang memproduksi tempe kemasan berlabel “Super Dangsul” yang diambil setiap hari oleh sales untuk dikirim ke pelanggan tetap diantaranya restoran, pedagang pasar, dan toko kelontong di daerah Wonosari, Bantul, dan daerah sekitar Yogyakarta. Strategi produksi yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah melakukan produksi setiap hari dan menerima pesanan 2 hari sebelum pengambilan pesanan berdasarkan perkiraan jumlah permintaan. Perkiraan permintaan saat ini masih belum tepat karena masih terdapat selisih antara hasil perkiraan dengan permintaan riil sehingga menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kuantitas produksi tempe yang tepat untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan.
Metode penentuan kuantitas produksi dalam penelitian ini didasarkan pada alternatif solusi dari kombinasi jumlah produksi berdasarkan pertimbangan kapasitas bahan baku, produk return, dan standar deviasi yang kemudian memberikan batas atas dan batas bawah alternatif solusinya. Setelah diketahui kombinasi-kombinasinya kemudian dilakukan perhitungan pendapatan yang maksimal. Perhitungan dilakukan dengan bantuan program MATLAB versi R2014a secara iteratif untuk menghasilkan kombinasi tingkat produk. Kombinasi terpilih merupakan hasil yang memenuhi syarat yaitu memiliki nilai kapasitas tidak melebihi kapasitas bahan baku yang tersedia dan nilai pendapatan maksimal.
Usulan tingkat produksi berdasarkan hasil penelitian memberikan tingkat produksi yang tepat bagi perusahaan yaitu tempe kecil sebanyak 65.355 bungkus, tempe sedang sebanyak 77.250 bungkus, dan tempe besar sebanyak 25.364 bungkus. Jumlah ini memberikan profit bagi perusahaan sebesar Rp.67.091.450,00. Penelitian ini dapat dikembangkan untuk permasalahan yang kompleks. Penelitian ini juga berpeluang untuk dilanjutkan hingga ke level teknis seperti pengembangan perangkat lunak sehingga perhitungan penyelesaian masalah dapat lebih efisien.
Kata kunci: perencanaan produksi, kuantitas produksi, peluang, tempe

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 May 2019 04:46
Last Modified: 12 May 2022 01:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19718

Actions (login required)

View Item View Item