OPTIMASI PRODUKSI PRODUK OLAHAN SUSU KAMBING BUMIKU HIJAU UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus di Susu Kambing Bumiku Hijau)

Wira Edline, Aprilia (2019) OPTIMASI PRODUKSI PRODUK OLAHAN SUSU KAMBING BUMIKU HIJAU UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus di Susu Kambing Bumiku Hijau). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Susu kambing bumiku hijau merupakan peternak kambing yang fokus pada UKM pengolahan susu kambing, UKM ini menghasikan 2 jenis produk yaitu susu cair yang terdiri dari satu rasa dan susu bubuk yang terdiri dari 3 rasa yaitu orisinil, vanilla, dan cokelat. Perencanaan produksi pada Bumiku Hijau umumnya masih dilakukan dengan taksiran berdasarkan perkiraan dan data masa lalu saja. Dimana kenyataannya UKM ini sering dihadapkan pada permintaan konsumen yang fluktuatif pada Make to Stock (MTO). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perencanaan produksi dengan cara optimasi produksi untuk menentukan kombinasi jumlah produksi yang optimal dan keuntunan maksimal. Penelitian ini menggunakan masukan variabel berupa batch produksi sehingga metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Integer Linear Programming dengan syarat nilai variabel yang dimasukan dalam formulasi matematis adalah bulat. Metode Integer Linear Programming merupakan salah satu bagian dari metode linear programming yang salah satu tujuannya yaitu untuk memaksimalkan keuntungan. Penyelesaian ILP dalam penelitian ini diselesaikan dengan bantuan program aplikasi LINDO 6.1. Hasil penelitian menghasilkan kombinasi jumlah produksi bacth optimal pada susu bubuk orisinil sebanyak 16 batch, vanilla dan cokelat masing-masing sebanyak 5 batch serta susu cair sebanyak 15 batch. Masing-masing produk dikalikan dengan kapasitas batch susu bubuk yaitu 53 dus dan susu cair 72 botol. sehingga kombinasi jumlah produk optimal untuk susu bubuk orisinil sebanyak 848 dus, vanilla dan cokelat sebanyak 265 dus, dan susu cair sebanyak 1080 botol. Potensi keuntungan maksimal yang didapat pada susu bubuk orisinil vanilla dan cokelat periode 28 Mei - 3 Juni berturut-turut sebesar Rp6.115.862,-, Rp1.877.207,-, dan Rp1.820.082,- dan susu cair sebesar Rp3.648.800,-. Kata kunci: Susu kambing, perencanaan produksi, Integer Linear programming, keuntungan maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 May 2019 03:53
Last Modified: 27 May 2019 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19711

Actions (login required)

View Item View Item