IMPLEMENTASI KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KOMUNITAS JOGSPOTTERS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANGGOTANYA DI BIDANG FOTOGRAFI (Studi Pada Komunitas Jogspotters di Yogyakarta)

Wibisono, Wahyudha (2019) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KOMUNITAS JOGSPOTTERS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANGGOTANYA DI BIDANG FOTOGRAFI (Studi Pada Komunitas Jogspotters di Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Implementasi dalam meningkatkan kemampuan para anggota Komunitas Jogspotter untuk menghasilkan karya yang baik, unik dan kemampuan dalam berkomunikasi kelompok menjadi modal utama karena tidak semua orang pada dasarnya memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi komunikasi kelompok pada Komunitas Jogspotters dalam meningkatkan kemampuan anggotanya dibidang fotografi. Pada penelitian ini metode penilitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menunjuk lima informan sebagai sumber informasi. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori analisis penelitian yang peneliti gunakan adalah Teori Pemikiran Kelompok (Groupthink). Hasil dari penelitian ini adalah Komunikasi kelompok yang terjadi didalam Komunitas Jogspotters Yogyakarta sangat kohesif, ketika solidaritas didalam kelompok begitu kuat membuat anggota saling menjaga keutuhan kelompok yang memunculkan terjadinya Groupthink dalam komunitas Jogspotters. Cara untuk meningkatkan kemampuan fotografi anggota Komunitas Jogspotters Yogyakarta terlihat dari keikutsertaan anggota dalam mengikuti hunting foto, pameran fotografi, sharing, event dan diskusi rutin. Peran fotografi sebagai media komunikasi visual bisa dilihat dari fotografi dapat berfungsi sebagai alat komunikasi visual oleh anggota Jogspotters yang dapat digunakan sebagai bahan publikasi yang bermanfaat. Fotografi juga dapat menciptakan dan memvisualkan secara jelas buah pikiran para anggota Jogspotters dalam menghasilkan sebuah karya. Hambatan dalam meningkatkan kemampuan fotografi, minimnya kesadaran oleh setiap anggota untuk dapat mewujudkan visi dan misi Komunitas Jogspotters, adanya keterbatasan alat dalam proses pengambilan gambar dan terjadinya perbedaan pendapat dalam suatu forum sehingga menimbulkan sedikit perdebatan. Kata Kunci : Komunikasi Kelompok, Teori Pemikiran Kelompok, Jogspotters Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 May 2019 03:16
Last Modified: 27 May 2019 03:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19701

Actions (login required)

View Item View Item