PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PERAN STAKEHOLDERS DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Kasus di Desa Wisata Pentingsari Kelurahan Umbulharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman)

FERNANDATAMA, ERWAN (2019) PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PERAN STAKEHOLDERS DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Kasus di Desa Wisata Pentingsari Kelurahan Umbulharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan tahap perencanaan Mengikuti rapat-rapat untuk pengembangan desa wisata, Memberikan ide dan gagasan. Tahap Implementasi pelaksanaan pengelolaan desa wisata sebagai pemilik homestay, sebagai pelaku atraksi wisata, sebagai pemilik industri dan pada tahap pengawasan Melakukan evaluasi setiap selesai adanya kegiatan kunjungan wisata. Peran pemerintah melalui Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata, Kepala Bidang Unit Pelayanan Teknis Dinas Pertanian (UPTD) dan Swasta (BCA) melalui program Bakti BCA sudah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai stakeholders pariwisata yang mencakup peran koordinator, fasilitator sarana prasarana, pelatihan pengembangan SDM. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Peran Stakeholders, Pengembangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 May 2019 01:56
Last Modified: 17 May 2019 01:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19572

Actions (login required)

View Item View Item