PERAN SOCIAL MEDIA DALAM AKSI PROTES ONLINE TERHADAP PROYEK DAKOTA ACCESS PIPELINE PADA TAHUN 2014-2017

RAMADHANISSA, RIZKI (2019) PERAN SOCIAL MEDIA DALAM AKSI PROTES ONLINE TERHADAP PROYEK DAKOTA ACCESS PIPELINE PADA TAHUN 2014-2017. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman pengesahan skripsi.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas peran social media dalam aksi protes online melalui Facebook, Twitter, Youtube, Blog terhadap sebuah pipa kilang minyak Dakota Access Pipeline di Amerika Serikat.Pada tahun 2014 pembangun proyek pipa telah memberikan proposal kepada pemerintah Amerika Serikat dan sejak saat itu aksi protes dilakukan oleh penentang pipa secara langsung dan menggunakan media online. Aksi protes ini terjadi secara berkelanjutan dari tahun 2014 hingga 2017 dari berbagai pihak yang mengklaim bahwa pipa ini akan mengganggu masyarakat yang tinggal dan terdampak dari segi sosial dan budaya. Penelitian ini menggunakan konsep E-politics, social media, dan juga aksi protes dalam masyarakat yang menjelaskan keterkaitan social media dan pengaruhnya dalam politik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media memberikan dampak positif terhadap pemrotes dan empat social media yaitu Facebook, Twitter, YouTube dan Blog berperan efektif dan efisien serta memiliki signifikansi dan fungsinya masing-masing. Twitter dan Facebook merupakan social media utama yang digunakan pemrotes untuk melakukan aktivisme online dengan cara komunikasi politik menentang pembangunan pipa, dan YouTube serta blog menjadi alat advokasi pendukung aksi protes online terhadap proyek Dakota Access Pipeline. Kata kunci: Aktivisme online, Social media, Aksi protes, Dakota Access Pipeline, Amerika Serikat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 May 2019 02:21
Last Modified: 09 May 2019 02:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19511

Actions (login required)

View Item View Item