PENGARUH ORGANIZATIONAL LEARNING CULTURE DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP TURNOVER INTENTION DIMEDIASI OLEH AFFECTIVE COMMITMENT PADA PT. TAMAN WISATA JOGJA

WIJAYA, MAYINDRA (2019) PENGARUH ORGANIZATIONAL LEARNING CULTURE DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP TURNOVER INTENTION DIMEDIASI OLEH AFFECTIVE COMMITMENT PADA PT. TAMAN WISATA JOGJA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung organizational learning culture terhadap turnover intention, (2) pengaruh langsung perceived organizational support terhadap turnover intention, (3) pengaruh tidak langsung organizational learning culture terhadap turnover intention melalui affective commitment, dan (4) pengaruh tidak langsung perceived organizational learning culture terhadap turnover intention melalui affective commitment. Penelitian ini menggunakan metode sensus, Sampel dalam penelitian ini seluruh karyawan divisi park service dan security PT. Taman Wisata Jogja sebanyak 81 karyawan. Data primer didapat melalui kuesioner yang semua kuisioner valid dan reliabel. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) organizational learning culture berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, apabila organizational learning culture tinggi maka akan menurunkan turnover intention, dan sebaliknya (2) perceived organizational support berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, apabila perceived organizational support tinggi maka dapat menurunkan turnover intention, dan sebaliknya (3) organizational learning culture berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention melalui affective commitment yang terbukti sebagai mediasi, berarti terdapat peranan affective commitment dalam membantu pengaruh organizational learning culture dalam menurunkan turnover intention, dan (4) perceived organizational support berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention melalui affective commitment yang terbukti sebagai mediasi, berarti terdapat peranan affective commitment dalam membantu pengaruh perceived organizational support dalam menurunkan turnvover intention. Kata kunci : organizational learning culture, perceived organizational support, affective commitment dan turnover intention

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 May 2019 03:27
Last Modified: 07 May 2019 03:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19496

Actions (login required)

View Item View Item