MANAJEMEN HUMAS PROGRAM PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF DI KOTA YOGYAKARTA

Afifah, Dzikrina (2019) MANAJEMEN HUMAS PROGRAM PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF DI KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Dzikrina Afifah_.pdf] Text
Dzikrina Afifah_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peluncuran program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) menjadi
sebuah Keputusan Menteri Agama dalam meningkatkan pelayanan dan citra di
mata masyarakat khusunya pada Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Hal
tersebut dilakukan demi meningkatkan pelayanan dan nama baik perusahaan di
masyarakat. Melalui program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Kementerian
Agama Kota Yogyakarta memberikan kesempatan bagi praktisi humas untuk
meningkatkan citra positif. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana
manajemen hubungan masyarakat pada program PTSP dalam meningkatkan citra
positif di Kota Yogyakarta. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori
pembentukan citra dan proses manajemen humas. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil pada penelitian ini
menunjukkan bahwa Kementerian Agama Kota Yogyakarta tidak melakukan
survey secara mendalam karena tidak ada masalah yang dihadapi sebelumnya,
program PTSP merupakan gagasan dari Keputusan Menteri Agama No 65 tahun
2016. Dalam program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kementerian Agama
Kota Yogyakarta melakukan perbaikan pelayanan serta pemangkasan pendaftaran.
Kepastian waktu pelayanan juga sangat diperhatikan untuk memberikan kepastian
kepada masyarakat. Komitmen untuk melakukan evaluasi secara rutin juga
dilakukan agar Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dapat berkembang ke arah
yang lebih positif. Dari proses manajemen humas yang dijalankan menghasilkan
respon masyarakat yang positif berupa masyarakat sangat terlayani oleh
kemudahan pelayanan yang ada seperti pendampingan pada saat proses
pelayanan, petugas yang ramah, kepastian berkas yang telah ditentukan,
kenyamanan tempat serta keefektifan pelayanan.
Kata kunci : Humas, Manajemen Humas, Citra.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:21
Last Modified: 05 Apr 2022 06:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19375

Actions (login required)

View Item View Item