ALOKASI LAJU INJEKSI GAS LIFT DENGAN METODE EQUAL SLOPE UNTUK MENINGKATKAN LAJU PRODUKSI PADA LAPANGAN “NISKALA” LAPISAN “ALANA”

Pradhipta, Ardhaega (2019) ALOKASI LAJU INJEKSI GAS LIFT DENGAN METODE EQUAL SLOPE UNTUK MENINGKATKAN LAJU PRODUKSI PADA LAPANGAN “NISKALA” LAPISAN “ALANA”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Sumur-sumur yang terdapat di lapangan “Niskala” berproduksi menggunakan metode natural flowing. Seiring berjalannya waktu, sumur-sumur di lapangan “Niskala” mengalami penurunan produksi sebagai akibat dari menurunnya performa sumur dengan jumlah produksi terakhir sebesar 26,031 BOPD untuk 5 sumur kajian. Melihat laju produksi yang terus menurun maka dilakukan perubahan metode produksi menjadi gaslift. Solusi permasalahan yang ditawarkan adalah dengan menentukan laju gas injeksi optimum dan mengalokasi gas injeksi yang sesuai dengan kebutuhan gas yang tersedia di lapangan. Penelitian ini dilakukan dengan pembuatan model pada masing-masing sumur yang ada pada lapangan ”Niskala”. Model simulasi penelitian ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak PIPESIM 2009. Digunakan dua skenario injeksi gaslift untuk mengetahui total laju produksi minyak dengan besaran laju injeksi gaslift yang optimum untuk sumur-sumur di lapangan “Niskala” dengan mengabaikan ketersediaan gas di lapangan, serta diketahuinya laju produksi total sumur dengan melakukan alokasi gas yang tersedia di lapangan sebesar 3 MMSCFD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Apr 2019 05:12
Last Modified: 11 Apr 2019 05:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19274

Actions (login required)

View Item View Item