PERAN DUTA WISATA KOTA MAGELANG DALAM PEMASARAN PARIWISATA

Anggraeni, Dhea Aulia (2019) PERAN DUTA WISATA KOTA MAGELANG DALAM PEMASARAN PARIWISATA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan Disporapar dalam mempromosikan
potensi kekayaan pariwisata di Kota Magelang dengan mengadakan pemilihan
Duta Wisata. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran duta wisata dalam
mempromosikan pariwisata Kota Magelang tahun 2017. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif diskriptif. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu observasi, wawancara,
dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik analisis data yang terdiri dari tiga komponen: reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, duta
wisata diharapkan dapat mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata.
Namun, kenyataan menunjukkan duta wisata dinilai kurang efektif dalam
mempromosikan pariwisata Kota Magelang, karena peran yang ia jalankan kurang
berhubungan dengan pemasaran pariwisata. Tugas duta wisata sebagai ikon Kota
Magelang seperti saat mendampingi pejabat dalam acara resmi, menghadiri
berbagai acara baik yang bersifat tradisi maupun seremonial. Dalam fokus ini
bertujuan sesuai dengan teori Coordinated Management of Meaning (CMM)
menempatkan komunikasi sebagai batu penjuru. Duta wisata dalam menjalankan
perannya tentu didasari dengan cara berkomunikasi yang baik, agar dapat
diinterpretasikan dengan baik oleh masyarakat. Hasil dalam teori CMM yang
muncul ketika percakapan sedang terjadi; mereka mencapai koordinasi, mereka
tidak mencapai koordinasi, atau mereka mencapai koordinasi dalam tingkat
tertentu.
Kata Kunci : Duta Wisata, Pariwisata, Teori CMM, Kota Magelang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Apr 2019 01:25
Last Modified: 17 Jul 2023 06:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item