KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI CV. TRIKARYA KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

AJIE YOHANUDIN, GILANG (2019) KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI CV. TRIKARYA KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Ringkasan.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Ringkasan.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

CV. Trikarya merupakan perusahaan swata yang bergerak dalam bidang pertambangan yang berlokasi di Dusun Kalibuko I, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakara. Proses pemuatan dilakukan dengan menggunakan excavator Kobelco SK200 dan proses pengangkutan menggunakan dumptruck Hino Dutro 130HD. Jarak angkut dari front penambangan menuju lokasi Dumping area adalah 83,45 m. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi batu andesit sebesar 8.500 m3/bulan. Produksi aktual yang dapat dihasilkan sebesar 7.558 m3/bulan pada alat muat, dan 7.355 m3/bulan pada alat angkut. Data yang dikumpulkan berupa waktu edar alat muat, waktu edar alat angkut, faktor pengembangan, faktor pengisian mangkuk, geometri jalan, hambatan kerja, spesifikasi alat mekanis. Upaya yang dapat dilakukan agar target produksi batu andesit dapat tercapai yaitu dengan meningkatan waktu kerja efektif sehingga efisiensi kerja alat angkut meningkat dari 60,6% menjadi 68,5% untuk alat angkut kemudian alat muat dari 56,94% menjadi 65,7%. Setelah dilakukan upaya perbaikan pada waktu kerja efektif, didapatkan kemampuan produksi sebesar 8.543 m3/bulan untuk alat muat, dan 8.537 m3/bulan pada alat angkut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Apr 2019 01:19
Last Modified: 10 Apr 2019 01:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19258

Actions (login required)

View Item View Item