PENGARUH RISK PROFILE, EARNING, DAN CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017)

Ariyani, Fitri (2019) PENGARUH RISK PROFILE, EARNING, DAN CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risk profile, earning, capital terhadap nilai perusahaan dengan profitabiltas sebagai variabel intervening pada bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indoenesia (BEI). Populasi penelitian adalah bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2017 dengan jumlah 43 perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jumlah sampel perusahaan sebanyak 19 bank. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan Generalized Structured Component Analisys (GeSCA) dan Sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan risk profile (NPL) terhadap nilai perusahaan (PBV). Ada pengaruh signifikan earning (NIM) terhadap nilai perusahaan (PBV). Tidak ada pengaruh signifikan capital (CAR) terhadap nilai perusahaan (PBV). Ada pengaruh signifikan risk profile (NPL) terhadap profitabilitas (ROA). Ada pengaruh signifikan earning (NIM) terhadap profitabilitas (ROA). Ada pengaruh signifikan capital (CAR) terhadap profitabilitas (ROA). Ada pengaruh signifikan profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (PBV). Ada pengaruh mediasi risk profile (NPL) terhadap nilai perusahaan (PBV) melalui profitabilitas (ROA). Ada pengaruh mediasi earning (NIM) terhadap nilai perusahaan (PBV) melalui profitabilitas (ROA). Tidak ada pengaruh mediasi capital (CAR) terhadap nilai perusahaan (PBV) melalui profitabilitas (ROA). Menurunkan risk profile sebaiknya lebih memperhatikan calon debitur, perlu ditingkatkan analisis berdasarkan prinsip-prinsip perkreditan kepada calon debitur untuk mengantisipasi jumlah kredit yang tidak terbayar. Bagi perusahaan yang nilai earning masih rendah dapat meningkatkan efisiensi perbankan dengan meningkatkan pendapatan bunga dengan cara memaksimalkan aktiva produktif. Bagi capital perusahaan yang mengalami penurunan dapat dilakukan dengan cara revaluasi aset untuk menunjukkan nilai kekayaan perusahaan secara rill dengan cara mengevaluasi kembali penilaian terhadap aset yang dimiliki yang disesuaikan dengan keadaan pasar karena akibat dari kenaikan nilai aset dipasaran atau sebaliknya. Bagi bank yang memiliki nilai profitabilitas yang rendah, dapat dilakukan penekanan biaya operasional, dan meningkatkan pendapatan seperti berasal peningkatan aktiva produktif, fee based income, dan meningkatkan disversifikasi produk bank untuk menaikan nilai ROA, karena ROA yang tinggi maka nilai perusahaan akan meningkat. Kata Kunci : Risk profile, Earning, Capital, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:30
Last Modified: 09 Apr 2019 03:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19214

Actions (login required)

View Item View Item