PENERAPAN TEKNOLOGI GEOFENCING SEBAGAI ANTISIPASI TINDAKAN KRIMINAL DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA EQUIRECTANGULAR BERBASIS ANDROID

Rumbewas, Ronaldo (2019) PENERAPAN TEKNOLOGI GEOFENCING SEBAGAI ANTISIPASI TINDAKAN KRIMINAL DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA EQUIRECTANGULAR BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI .pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI .pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Tingkat kriminalitas area Yogyakarta dan sekitarnya mengalami kenaikan fluktuatif di setiap kawasan Yogyakarta dari tahun ke tahun. Kenaikan tingkat kriminalitas sering kali dipicu karena kurangnya kesadaran dan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar serta bertambahnya populasi pada suatu daerah terlebih dari pendatang yang mengakibatkan sulitnya penanganan kriminalitas karena tenaga kepolisian yang bertugas tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah.
Sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan setiap orang, diperlukan adanya antisipasi terhadap ancaman kriminalitas. Penelitian mengenai antisipasi tindakan kriminal sudah banyak dilakukan dan disempurnakan, Seperti implementasi tombol panic button (mode darurat) untuk meminta pertolongan, alat pelacak GPS untuk mengantisipasi tindakan kriminal khususnya pada anggota keluarga, bahkan penggabungan kedua penelitian tersebut dan diimplementasikan pada android. Namun penelitian-penelitian tersebut masih memiliki kekurangan yaitu belum adanya fitur untuk menginformasikan pengguna mengenai status kriminalitas di wilayah keberadaan pengguna. Teknologi geofencing memberikan kemudahan dalam mengelola data lokasi dan area pada peta dengan inputan titik posisi peta serta besar radius area pada titik lokasi, sehingga dapat menutupi kekurangan pada penelitian sebelumnya dengan memberikan event pada pengguna mengenai status area dimana pengguna berada, ketika pengguna memasuki wilayah rawan kriminal yang telah ditetapkan, serta dapat digunakan untuk memonitori pengguna khususnya anggota keluarga. Sebagai penambahan fungsi antisipasi khususnya dalam memonitori anggota keluarga, perlu diimplementasikan Algoritma Equirectangular sebagai perhitungan jarak yang ringan dengan komputasi yang cepat dibandingkan dengan algoritma perhitungan jarak yang lain.
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu mengimplementasikan teknologi geofencing ke semua area rawan kriminalitas yang telah ditetapkan oleh kepolisian daerah, dan menginformasikan pengguna ketika memasuki suatu kawasan rawan kriminal dengan cara memberikan notifikasi pada pengguna serta menerapkan Algoritma Equirectangular, fungsi panic button, dan memanfaatkan GPS sebagai tindakan antisipasi terjadinya tindakan kriminal ketika pengguna berada di dalam wilayah rawan kriminal.
Kata kunci : Geofencing, Algoritma Equirectangular, Panic Button, GP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:00
Last Modified: 09 Feb 2023 01:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19207

Actions (login required)

View Item View Item