ANALISIS ISI MEDIA DARING DETIK.COM MENGENAI PERAN PEMERINTAH TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI LOMBOK, NTB PADA PERIODE TANGGAP DARURAT BENCANA

Catrasatwika, Parardya (2018) ANALISIS ISI MEDIA DARING DETIK.COM MENGENAI PERAN PEMERINTAH TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI LOMBOK, NTB PADA PERIODE TANGGAP DARURAT BENCANA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2) Abstrak.pdf]
Preview
Text
2) Abstrak.pdf

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 3) Cover.pdf]
Preview
Text
3) Cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 4) Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4) Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5) Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5) Daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 1--Skripsi-Full.pdf] Text
1--Skripsi-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Indonesia secara letak geografis merupakan negara kepulauan dan berada di kawasan yang rentan terhadap ancaman bencana alam, salah satunya adalah gempa bumi. Pada 29 Juli 2018 lalu, telah terjadi gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter yang melanda pulau Lombok. Pada bulan Oktober lalu, korban jiwa diberitakan telah mencapai 564 jiwa, dan sejumlah 32.129 rumah rusak. Kerugian yang dialami diperkirakan mencapai 8,8 triliun. Bencana ini menjadi pusat perhatian pemerintah, media, dan masyarakat Indonesia. Portal berita nasional Detik.com menjadi salah satu dari banyak media massa yang rutin memberitakan tentang bagaimana pemerintah menangani bencana gempa bumi Lombok. Detik.com sendiri merupakan pelopor media daring Indonesia yang pertama, dan telah berdiri sejak tahun 1998. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana isi kecenderungan pemberitaan berita peran pemerintah terhadap bencana gempa bumi Lombok pada Detik.com. Penelitian ini bertujuan meneliti kecenderungan isi pemberitaan peran pemerintah terhadap bencana gempa bumi Lombok pada Detik.com. Penelitian ini menggunakan teori Tanggung Jawab Sosial dan Konsep Manajemen Komunikasi Bencana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif analisis isi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, dengan mengumpulkan berita-berita dari web Detik.com menggunakan kata kunci “Gempa Lombok, Pemerintah”. Teknik analisis data yang digunakan adalah lembar coding yang berisikan unit-unit analisis. Peneliti dibantu oleh dua orang coder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberitaan di Detik.com seluruhnya adalah berita straight news, sebagian besar beritanya bernada netral, didominasi dengan pemberitaan pemberian bantuan langsung yang sebagian besar adalah bantuan dana. Instansi yang diberitakan terbanyak adalah Presiden/Wakil Presiden, pemberitaan lebih banyak menggunakan narasumber tunggal, kelengkapan berita juga lebih banyak memperlihatkan satu sisi, dan tema berita terbanyak adalah tentang tanggap darurat bencana.
Kata kunci: Analisis Isi, Media Daring, Pemerintah, Bencana, Gempa Bumi, Lombok, Detik.com

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Media Daring, Pemerintah, Bencana, Gempa Bumi, Lombok, Detik.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Apr 2019 02:55
Last Modified: 09 Aug 2022 01:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item View Item