ESTIMASI CADANGAN BATU ANDESIT MENGGUNAKAN METODE CROSS SECTION DENGAN VARIABEL JARAK SAYATAN DI PT. CAKRAWALA SEMESTA PERKASA SITE SIMPUR KECAMATAN DELIK KABUPATEN PEMALANG PROVINSI JAWA TENGAH

YULI PRASETYA, EKA (2019) ESTIMASI CADANGAN BATU ANDESIT MENGGUNAKAN METODE CROSS SECTION DENGAN VARIABEL JARAK SAYATAN DI PT. CAKRAWALA SEMESTA PERKASA SITE SIMPUR KECAMATAN DELIK KABUPATEN PEMALANG PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pada masa mendatang diperkirakan kebutuhan batu andesit di Indonesia akan mengalami peningkatan sejalan dengan pesatnya pembangunan perumahan maupun real estate, juga pembangunan sektor konstruksi lainnya seperti jalan dan jembatan. PT. Cakrawala Semesta Perkasa site Simpur, Kecamatan Delik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah memiliki potensi sebagai penyuplai kebutuhan bahan baku berupa batu andesit untuk digunakan dalam pembangunan tersebut. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum terdapat data terperinci mengenai jumlah perhitungan cadangan batu andesit, sehingga dibutuhkan data-data melalui pengamatan langsung terhadap kondisi struktur geologi daerah, data tebal endapan batu andesit, sumur uji dan keadaan topografi endapan batu andesit di PT. Cakrawala Semesta Perkasa site Simpur. Upaya yang dapat dilakukan agar mendapatkan jumlah perhitungan cadangan batu andesit adalah dengan menggunakan metode Cross Section dengan pedoman Rule of Gradual Change menggunakan software AutoCAD 2007 dan Quicksurf. Metode Cross Section dipilih dengan mempertimbangkan bahan galian yang akan diteliti. Estimasi cadangan batu andesit pada daerah penelitian dibatasi sampai elevasi terendah 158 diatas permukaan laut dengan tebal lapisan tanah penutup sekitar 0,5-2 meter. Luas dari wilayah IUP daerah penelitian adalah 3,3 hektar. Perhitungan estimasi cadangan batu andesit di PT. Cakrawala Semesta Perkasa site Simpur, Kecamatan Delik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah menggunakan metode cross section dengan jarak sayatan yang berbeda-beda. Jarak yang digunakan yaitu 5 meter, 10 meter, 15 meter dan 20 meter. Penggunaan beberapa jarak sayatan pada metode cross section ditujukan untuk mengetahui perhitungan dengan hasil yang optimal dan tonase yang maksimal. Estimasi cadangan batu andesit pada daerah penelitian dengan hasil yang optimal ada pada sayatan arah barat timur pada jarak 5 meter sebesar 215.129,6889 ton.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Apr 2019 02:03
Last Modified: 09 Apr 2019 02:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19200

Actions (login required)

View Item View Item