GEOLOGI DAN FASIES FLUVIAL ANGGOTA CAWANG, DAERAH MUARADUA DAN SEKITARNYA, KECAMATAN MUARADUA, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN, PROVINSI SUMATRA SELATAN

DARMAWAN, THEODORUS VAN (2019) GEOLOGI DAN FASIES FLUVIAL ANGGOTA CAWANG, DAERAH MUARADUA DAN SEKITARNYA, KECAMATAN MUARADUA, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN, PROVINSI SUMATRA SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstract

Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat (UTM-WGS84 zona 48S) 301090-394090mT dan 9506900-9502900mU. Sedangkan secara administratif daerah penelitian masuk ke dalam wilayah Kecamatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatra Selatan.
Berdasarkan analisis aspek-aspek geomorfologi, daerah penelitian dibagi menjadi 6 (lima) satuan bentuk lahan, antara lain satuan bentuk lahan tubuh sungai (F1), gosong sungai (F2), bukit sisa (D1), perbukitan struktural (S1), perbukitan homoklin (S2) dan lembah homoklin (S3). Pola pengaliran yang berkembang di daerah penelitian adalah pola pengaliran dendritik dan radial.
Stratigrafi daerah penelitian dapat dibagi menjadi 4 (empat) satuan batuan dari tua ke muda yaitu Satuan Granit Garba, Satuan Konglomerat Cawang, Satuan Batupasir Cawang, Satuan Batupasir Talangakar dan endapan aluvial.
Struktur geologi yang berkembang pada daerah penelitian berupa sesar mendatar kanan/right slip fault dengan arah baratlaut-tenggara.
Potensi geologi pada daerah telitian yaitu potensi positif berupa batupasir yang dapat ditambang masyarakat sekitar dan melimpahnya fosil kayu yang dapat di manfaatkan sebagai hiasan. Sedangkan potensi geologi negatif berupa gerakan massa.
Berdasarkan hasil analisi fasies pada masing-masing satuan diperoleh kesimpulan pada Satuan Konglomerat Cawang dijumpai elemen arsitektural berupa channel (CH), sediment gravity flow (SG) dan gravel bar (GB). Pada Satuan batupasir Cawang dijumpai elemen arsitektural channel (CH), sediment gravity flow (SG).
Kata Kunci : Anggota Cawang, Fasies Fluvial.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Anggota Cawang, Fasies Fluvial.
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Apr 2019 01:53
Last Modified: 31 Jan 2024 01:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19198

Actions (login required)

View Item View Item