IDENTIFIKASI KEBERADAAN FLUIDA DAN JENIS BATUAN MENGGUNAKAN ANALISA Vp DAN Vp/Vs METODE PASSIVE SEISMIC TOMOGRAPHY PADA LAPANGAN “FU”

ALDAMA, GOLDISON (2019) IDENTIFIKASI KEBERADAAN FLUIDA DAN JENIS BATUAN MENGGUNAKAN ANALISA Vp DAN Vp/Vs METODE PASSIVE SEISMIC TOMOGRAPHY PADA LAPANGAN “FU”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
257533_ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN GOLDISON.pdf

Download (809kB) | Preview

Abstract

Eksplorasi hidrokarbon dilakukan di daerah penelitian untuk menemukan cadangan baru pada wilayah yang masuk dalam lingkungan vulkanik tetapi berdasarkan keadaan geologi terdapat adanya potensial hidrokarbon. Untuk membuktikan hadirnya hidrokarbon maka digunakan Passive Seismic Tomography. Metode PST adalah salah satu metode yang digunakan untuk mencitrakan keadaan bawah permukaan dengan data gempa. Pemilihan metode PST ini karena memiliki keunggulan mengetahui keadaan bawah permukaan pada lingkungan vulkanik dalam cakupan yang luas dibandingkan dengan seismik konvensional yang memiliki hasil kurang baik pada lingkungan vulkanik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keadaan bawah permukaan seperti sebaran jenis batuan secara regional dan juga sebagai identifikasi awal adanya keberadaan fluida. Parameter yang digunakan adalah Vp dan Vp/Vs dengan hasil berupa penampang vertikal bawah permukaan.. Penelitian dilakukan dengan event yang didapatkan sebanyak 96 event gempa yang didapatkan selama bulan Mei hingga Juni 2017 . Jarak antar stasiun penerima yaitu 5 km dengan total jumlah stasiun penerima sebanyak 70 stasiun.Penelitian terbagi menjadi 2 tahap utama pengolahan yaitu relokasi dengan software GAD dan proses inversi tomografi dengan software Lotos12. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini berupa sebaran hiposenter dari software GAD dan penampang vertikal 2D Vp serta Vp/Vs dengan software Lotos12. Interpretasi dilakukan berdasarkan hasil penampang vertikal 2D Vp dan Vp/Vs. Terdapat 3 penampang yaitu 1A-1B, 2A-2B dan 3A-3B dengan arah sayatan utara selatan. Rata – rata nilai dari ketiga penampang untuk batuan beku yaitu 3,9 – 4,5 km/s, sedimen vulkanik antara 2,6 – 3,8 km/s, batugamping memiliki range nilai 1,9 – 2,5 km/s dan endapan permukaan mempunyai nilai terendah 1,2 – 1,8 km/s. Berdasarkan penampang Vp juga diidentifikasi adanya struktur berupa graben yang berada di utara daerah penelitian. Identifikasi fluida dilakukan dengan menggunakan nilai Vp/Vs dan nilai yang diidentifikasi sebagai fluida memiliki range antara 1,70 – 1,85. Hasil dari penelitian ini adalah dapat mencitrakan jenis batuan dan mengetahui letak keberadaan awal hidrokarbon. Kata kunci: Event, Ratio Vp/Vs, Passive Seismic Tomography,Inversi Tomografi, GAD,Lotos12

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Apr 2019 08:13
Last Modified: 08 Apr 2019 08:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19193

Actions (login required)

View Item View Item