PENGARUH MODAL USAHA, KOMPETENSI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENDAPATAN PENGRAJIN PAHAT BATU (Studi Pada Dusun Tangkilan Desa Pabelan Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang)

DYAH ISWARI, HENING (2019) PENGARUH MODAL USAHA, KOMPETENSI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENDAPATAN PENGRAJIN PAHAT BATU (Studi Pada Dusun Tangkilan Desa Pabelan Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kerajinan pahat batu merupakan seni atau kerajinan turun temurun di Dusun Tangkilan, Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Selain itu kerajinan pahat batu juga menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat setempat, selain dari sektor pertanian. Kondisi geografis Dusun Tangkilan yang terletak di jalan utama Jogja-Magelang menjadikan Dusun Tangkilan dilalui oleh banyak orang terutama wisatawan yang hendak mengunjungi candi Borobudur. Oleh karena itu, tidak heran jika di sepanjang jalan utama Jogja-Magelang yang termasuk wilayah Dusun Tangkilan dipenuhi oleh pedagang patung, cobek dan kerajinan lainnya. Selain pedagang, di Dusun Tangkilan juga banyak terdapat pengrajin pahat batu. Akan tetapi, pengrajin pahat batu masih kurang dalam memanage usahanya sehingga pendapatannya masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh modal usaha, kompetensi, pemanfaatan teknologi informasi terhadap pendapatan pengrajin pahat batu di Dusun Tangkilan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Pengrajin pahat batu di Dusun Tangkilan berjumlah 35 orang, maka sampel yang digunakan adalah 35 pengrajin pahat batu sebagai responden. Sedangkan teknik menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara simultan H0 ditolak dan Ha diterima, atau dapat disimpulkan ada pengaruh secara simultan modal usaha, kompetensi dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap pendapatan, dengan demikian hipotesis terbukti. Sedangkan secara parsial, hanya modal usaha dan kompetensi yang berpengaruh terhadap pendapatan pengrajin pahat batu di Dusun tangkilan. Kata kunci: Modal Usaha, Kompetensi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 08 Apr 2019 03:41
Last Modified: 08 Apr 2019 03:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19170

Actions (login required)

View Item View Item