PERTUMBUHAN PLANLET BUAH NAGA MERAH SUPER (Hylocereus costaricensis) PADA BERBAGAI TINGGI EKSPLAN DAN KONSENTRASI NAA SECARA IN VITRO

Setyaputra, Thegar Hastuke (2019) PERTUMBUHAN PLANLET BUAH NAGA MERAH SUPER (Hylocereus costaricensis) PADA BERBAGAI TINGGI EKSPLAN DAN KONSENTRASI NAA SECARA IN VITRO. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SCAN1.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Buah naga digemari masyarakat Indonesia karena buah ini memiliki bentuk yang eksotik, beraroma harum, dan rasanya manis. Salah satu upaya memperbanyak buah naga menggunakan perbanyakan tanaman secara kultur jaringan. Penelitian bertujuan untuk menentukan ada tidaknya interaksi antara berbagai tinggi eksplan dan konsentrasi NAA pada pertumbuhan planlet buah naga merah super, serta menentukan tinggi eksplan dan konsentrasi NAA yang paling tepat terhadap pertumbuhan planlet buah naga merah super. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Bioteknologi Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta pada bulan Juli sampai Oktober 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah tinggi eksplan yaitu 0,5 cm, 1 cm, dan 1,5 cm. Faktor kedua adalah konsentrasi NAA yaitu 0,2 mg/l, 0,4 mg/l, dan 0,6 mg/l. Data dianalisis menggunakan uji Analisis of Varian pada jenjang nyata 5% dilanjutkan dengan uji jarak berganda duncan atau Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang 5%. Setiap kombinasi perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada berbagai tinggi eksplan dan konsentrasi NAA terdapat interaksi, kombinasi paling baik adalah tinggi eksplan 1,5 cm dan konsentrasi NAA 0,4 mg/l dapat meningkatkan persentase hidup planlet, saat tumbuh akar, tinggi planlet dan bobot segar planlet. Perlakuan tinggi eksplan 1,5 cm dapat menghasilkan panjang akar, jumlah akar dan bobot kering planlet buah naga merah super secara in vitro. Konsentrasi NAA tidak ada pengaruh nyata terhadap pertumbuhan planlet buah naga merah super secara in vitro. Kata kunci : Buah naga merah super, tinggi eksplan, NAA, In Vitro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Apr 2019 03:03
Last Modified: 08 Apr 2019 03:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19161

Actions (login required)

View Item View Item