ANALISIS IMPLEMENTASI FUNGSI PUBLIC RELATIONS PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA YOGYAKARTA (Studi pada Proses Sosialisasi Program “Pasare Resik, Atine Becik, Rejekine Apik, Sing Tuku Ora Kecelik” untuk Memajukan Pasar di Kota Yogyakarta)

Agustina, Via Alfian Ika (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI FUNGSI PUBLIC RELATIONS PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA YOGYAKARTA (Studi pada Proses Sosialisasi Program “Pasare Resik, Atine Becik, Rejekine Apik, Sing Tuku Ora Kecelik” untuk Memajukan Pasar di Kota Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (bahasa).pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta tidak memiliki Public Relations Officer (PRO), namun pihaknya tetap mengimplementasikan fungsi Public Relations dalam mensosialisasikan program kepada publik, salah satunya pada Program “Pasare Resik, Atine Becik, Rejekine Apik, Sing Tuku Ora Kecelik”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi fungsi Public Relations dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta. Acuan yang digunakan yaitu Situational Theory of the Publics, Konsep Fungsi PR, dan Analisis SWOT. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, untuk meneliti fenomena, melakukan pengukuran dan pemaknaan terhadap fungsi Public Relations yang dipraktekkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta dalam mensosialisasikan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihaknya mengimplementasikan fungsi Public Relations melalui berbagai kegiatan yang berbentuk Press Agentry, Public Affair dan Community Relations, Inovasi, dan Strategi Branding. Fungsi Public Relations yang diimplementasikan yaitu: Membina hubungan positif dengan publik, Menciptakan citra perusahaan atau lembaga, Komunikasi 2 arah antara organisasi dengan publiknya, dan Program yang memfokuskan semua publik organisasi. Berdasarkan hasil penelitian dikaitkan dengan Situational Theory of The Publics yang menjadi acuan, pihaknya belum mengimplementasikan fungsi Public Relations dengan maksimal terlihat dari belum tercapainya hasil sesuai dengan tujuan program. Hal ini dikarenakan belum dimilikinya kemampuan untuk mengidentifikasi publik, mengakomodasi keinginannya, dan menentukan strategi yang tepat. Dapat dikatakan bahwa belum suksesnya sosialisasi dan pelaksanaan program ini dikarenakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta tidak memiliki Public Relations Officer. Kata Kunci: Public Relations, Sosialisasi, Program

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Apr 2019 04:16
Last Modified: 05 Apr 2019 04:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19138

Actions (login required)

View Item View Item