ANALISA SUMBERDAYA GRANIT MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITY KONFIGURASI WENNER ALPHA DAN DRILL HOLE PADA LAPANGAN “ACM”, KALIMANTAN TENGAH

Lubis, Andreas Edvian (2019) ANALISA SUMBERDAYA GRANIT MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITY KONFIGURASI WENNER ALPHA DAN DRILL HOLE PADA LAPANGAN “ACM”, KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di lapangan “ACM”, Kalimantan Tengah. Kalimantan Tengah memiliki tiga cekungan yaitu Cekungan Barito, Cekungan Kutai, dan Cekungan Tarakan. Lapangan penelitian memiliki potensi Granit. Potensi Granit terletak di Cekungan Barito yang berada pada Formasi Tanjung yang berumur Kapur Akhir. Batuan granit ini akan digunakan untuk kepentingan sarana dan pra-sarana. Eksplorasi menggunakan metode Geolistrik dengan konfigurasi Wenner Alpha dan didukung oleh data Drill Hole. Metode Geolistrik memanfaatkan sifat kelistrikan bawa permukaan untuk menggambarkan persebaran Granit dan Drill Hole untuk mengetahui kedalaman pada tiap litologi. Jumlah lintasan Geolistrik yaitu sebanyak 17 lintasan (1-11 berorientasi Barat Laut – Tenggara dan 12 -17 berorientasi Utara – Selatan) dengan panjang lintasan 320 meter dengan 100 meter untuk jarak antar lintasan dan 6 titik untuk Drill Hole. Pengolahan metode Geolistrik diolah untuk menghasilkan penampang resistivitas. Serta untuk Drill Hole diolah untuk menghasilkan profil bawah permukaan. Penampang tersebut kemudian dikorelasi dengan hasil profil Drill Hole. Selanjutnya adalah pembuatan pemodelan 3D terhadap penampang resistivitas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu litologi yang diinterpretasikan berdasarkan nilai resistivitas yaitu soil dengan resistivitas < 20 Ohm.m, dibawah lapisan soil terdapat perselingan antaran batupasir dengan batulempung dengan resistivitas 20 – 60 Ohm.m, dibawah itu terdapat adanya batupasir yang berasal dari Formasi Tanjung dengan resistivitas 60 – 300 Ohm.m, dan dibawahnya lagi terdapat granit fresh dengan resistivitas > 300 Ohm.m. Kemudian hasil kedalaman dan litologi yang diperoleh dari profil Drill Hole adalah 28 m untuk titik 1, 30 m untuk titik 2, 39 m untuk titik 3, 23 m untuk titik 4, 37 m untuk titik 5, dan 11.20 m untuk titik 6. Sumberdaya granit yaitu 3.624.824 m3. Daerah prospek untuk dilakukan tahap pengembangan adalah pada bagian Utara daerah penelitian tetapi tidak menutup kemungkinan daerah Selatan tidak prospek. Kata Kunci : Wenner Alpha, Geolistrik, Resistivitas, Drill Hole, Granit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Apr 2019 04:05
Last Modified: 05 Apr 2019 04:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19137

Actions (login required)

View Item View Item