ESTIMASI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DENGAN METODE CROSS SECTIONAL DI PT. HARMAK INDONESIA DUSUN CLAPAR 3, HARGOWILIS, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

KURNIAWAN, ARIF (2019) ESTIMASI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DENGAN METODE CROSS SECTIONAL DI PT. HARMAK INDONESIA DUSUN CLAPAR 3, HARGOWILIS, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

PT. Harmak Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pertambangan batu Andesit yang terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Komoditas tambang Andesit yang terdapat di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap terlihat sangat kompak dan dengan jumlah yang banyak. Kebutuhan batu Andesit sebagai bahan bangunan pada saat ini cukup banyak. Oleh karena itu komoditas tambang batu Andesit yang ada di lokasi tersebut sangat baik untuk dapat dikembangkan menjadi suatu kegiatan investasi di sektor pertambangan. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum terdapat data terperinci mengenai jumlah estimasi sumberdaya batu Andesit, sehingga dibutuhkan datadata yang akurat melalui pengamatan langsung terhadap kondisi geologi daerah dan keadaan topografi endapan batu Andesit serta ketebalan lapisan penutup di PT. Harmak Indonesia hingga estimasi besar sumberdaya. Upaya yang dapat dilakukan agar mendapatkan jumlah total estimasi sumberdaya Batu Andesit adalah dengan metode Cross Section dengan pedoman Rule of Gradual Change menggunakan software AutoCad dan Quicksurf. Pemilihan metode tersebut didasarkan atas batu Andesit yang bersifat homogen, perhitungan dengan rumus yang sudah ditentukan. Metode Cross Section dipilih dengan mempertimbangkan bahan galian yang akan diteliti. Estimasi sumberdaya batu Andesit pada daerah penelitian, dibatasi sampai elevasi terendah 250 m di atas permukaan air laut, dengan tebal lapisan tanah penutup sekitar 1,50 - 2,00 meter. Estimasi sumberdaya batu Andesit di PT. Harmak Indonesia diperoleh hasil optimal pada jarak sayatan 4 m dengan volume sebesar 25.666.357 m3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Apr 2019 04:10
Last Modified: 05 Apr 2019 04:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19136

Actions (login required)

View Item View Item