PENENTUAN POTENSI SUMUR “HRS-1” MENGGUNAKAN PRESSURE TEMPERATURE SPINNER (PTS) TEST PADA LAPANGAN PANASBUMI “ULUBELU”

HANI, HIROSHI (2019) PENENTUAN POTENSI SUMUR “HRS-1” MENGGUNAKAN PRESSURE TEMPERATURE SPINNER (PTS) TEST PADA LAPANGAN PANASBUMI “ULUBELU”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sumur panas bumi “HRS-1” merupakan sumur pengembangan yang berada di lokasi prospek panasbumi Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung yang telah selesai dibor pada tanggal 4 Juli 2018 dimulai dengan pemboran lubang 36” menggunakan casing 30” dan di akhiri dengan penggunaan slotted liner 10-3/4” di kedalaman 2138 mKU, maka dengan konfigurasi sumur seperti ini, sumur “HRS-1” termasuk sumur big hole completion. Tujuan pemboran sumur “HRS-1” adalah untuk membangkitkan PLTP Ulubelu Unit 4 (55 MWe) yang diharapkan dapat memberikan kontribusi potensi daya listrik yang besar. Sumur “HRS-1” telah dilakukan survey menggunakan PTS (Pressure, Temperature, Spinner) Tool untuk mengetahui kondisi lubang bor, maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah melakukan analisa dari hasil PTS (Pressure, Temperature, Spinner) Survey pada kondisi flowing dan bertujuan untuk menentukan letak feedzone, kontribusi feedzone serta menentukan potensi daya listrik yang dapat dihasilkan oleh sumur “HRS-1”.
Metodologi yang digunakan untuk mencapai tujuan penulisan tugas akhir ini meliputi, preparasi data PTS Survey (tekanan, temperature, spinner rotation, dan cable velocity), menentukan letak dan kontribusi masing-masing feedzone pada grafik laju alir massa vs kedalaman dengan cara melihat kenaikan laju alir massa pada interval tertentu, menghitung kehilangan tekanan fluida melalui liner dan casing menggunakan bantuan software WELLSIM, menentukan tekanan kepala sumur optimum dari grafik output curve (tekanan kepala sumur vs laju alir massa), dan perhitungan potensi yang dapat dihasilkan oleh sumur “HRS-1.
Berdasarkan analisa PTS (tekanan, temperature, spinner rotation, dan cable velocity) survey pada Sumur “HRS-1” dengan tekanan kondisi kepala sumur sebesar 38 barg didapatkan 5 (lima) zona produktif pada kedalaman 1460 mKU, 1382 mKU, 1350 mKU, 1310 mKU, dan 1255 mKU dengan laju alir massa sebesar 33,5 kg/s dan Productivity Index sebesar 2,78 kg/s.barg. Berdasarkan output curve yang sudah di buat sumur ini dapat mengalami kenaikan laju alir massa yang signifikan jika menggunakan tekanan kepala sumur sebesar 26 barg, dikarenakan memiliki Productivity Index yang besar, maka dari itu kondisi tekanan kepala sumur yang disarankan untuk operasi produksi adalah sebesar 26 barg dan akan menghasilkan laju alir massa sebesar 57,63 kg/s. Perhitungan potensi sumur dilakukan dengan menggunakan tekanan kepala sumur sebesar 26 barg akan menghasilkan potensi sebesar 19,25 MWe.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:51
Last Modified: 24 May 2023 08:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item