KAJIAN TEKNIS EFISIENSI KERJA ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI BATU ANDESIT DI PT. HARMAK INDONESIA KABUPATEN KULONPROGO, D.I.Y

HAKIM, ARIEF RAHMAN (2019) KAJIAN TEKNIS EFISIENSI KERJA ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI BATU ANDESIT DI PT. HARMAK INDONESIA KABUPATEN KULONPROGO, D.I.Y. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

PT. Harmak Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pertambangan batu Andesit yang terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Yogyakarta. Penambangan batu Andesit saat ini dilakukan menggunakan hydraulic rock breaker Komatsu PC200 sebagai alat bongkar, Backhoe Hyundai R210 LC-7 sebagai alat muat, dan Dump Truck Toyota Dyna 130HT sebagai alat angkut. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi batu Andesit sebesar 1.000ton/hari. Produksi aktual yang dapat dihasilkan sebesar 933ton/hari pada alat muat, dan 774ton/hari pada alat angkut. Hal ini terjadi karena keterbatasan front kerja dan rendahnya waktu kerja efektif akibat dari hambatan-hambatan yang ada sehingga efisiensi kerja alat menjadi rendah. Produksi alat bongkar saat ini adalah 1.244ton/hari dan sudah mencapai target produksi, sehingga tidak diperlukan pembahasan lebih lanjut. Upaya yang dapat dilakukan agar target produksi batu Andesit dapat tercapai yaitu dengan meningkatkan waktu kerja efektif, sehingga efisiensi kerja alat meningkat dari 73,33% menjadi 77,85% untuk alat muat dan dari 79,54% menjadi 82,71% untuk alat angkut. Perbaikan jalan angkut dilakukan agar kecepatan rata-rata alat angkut dapat meningkat dari 7km/jam menjadi 10km/jam saat mengangkut muatan, dan meningkat dari 7,5km/jam menjadi 11km/jam pada saat kembali kosong. Setelah dilakukan perbaikan pada waktu kerja efektif dan perbaikan waktu edar dengan peningkatan kecepatan rata-rata alat didapatkan kemampuan produksi pada alat muat backhoe Hyundai R210 LC-7 sebesar 1.052ton/hari, dan pada alat angkut dump truck Toyota Dyna 130HT sebesar 1.049ton/hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:40
Last Modified: 04 Apr 2019 03:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19100

Actions (login required)

View Item View Item