DAMPAK AYEYAWADY-CHAO PHRAYA-MEKONG ECONOMIC COOPERATION STRATEGY (ACMECS) SINGLE VISA THAILAND – KAMBOJA BAGI PERTUMBUHAN PARIWISATA KAMBOJA TAHUN 2013-2017

HARTONO, GHEMY NASTITI (2019) DAMPAK AYEYAWADY-CHAO PHRAYA-MEKONG ECONOMIC COOPERATION STRATEGY (ACMECS) SINGLE VISA THAILAND – KAMBOJA BAGI PERTUMBUHAN PARIWISATA KAMBOJA TAHUN 2013-2017. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Thailand melalui menteri Thaksin Shinawatra mengusulkan gagasan penerapan single visa pada sub-regional ASEAN yaitu Ayeyawady – Chao Phraya – Mekong Economic Cooperation Strategy (ACMECS) dengan tema “Five Countries, One Destination”. Sebagai langkah awal dalam penerapan single visa, Thailand dan Kamboja bersama-sama mengumumkan penerapan kebijakan ACMECS Single Visa antar kedua negara, efektif sejak tanggal 27 Desember 2012. ACMECS Single Visa memberikan kesempatan pada 35 negara untuk dapat mengunjungi Thailand dan Kamboja hanya dengan satu visa. Sehingga, pengunjung dapat berwisata ke dua negara ini tanpa harus mengurus visa pada masing-masing negara. Kamboja yang memiliki tagline “Cambodia Kingdom Of Wonder” memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan. Pariwisata Kamboja terus meningkat dalam kurun waktu dua dekade terakhir. Sejak diberlakukannya ACMECS Single Visa ini, terlihat peningkatan pada sektor pengunjung pariwisata, pertumbuhan infrasktruktur, pendapatan dari sektor wisata, bahkan kontribusi pariwisata terhadap PDB pada tahun 2017 telah menyumbang 32,4% dari total pendapatan negara Kamboja. Akan tetapi, peningkatan di sektor pariwisata tidak diikuti oleh penggunaan ACMECS Single Visa. Hal ini dikarenakan masih banyak wisatawan asing yang belum memanfaatkan visa ini secara maksimal. Kurangnya promosi dan informasi membuat ACMECS Single Visa kurang populer apabila dibandingkan visa yang lain. Selain itu, untuk mendapatkan ACMECS Single Visa apabila dibandingkan dengan jenis visa yang lain, lebih rumit dari segi efisiensi. Hal ini menyebabkan wisatawan asing tidak terlalu tertarik menggunakan ACMECS Single Visa. Sehingga, perlu dilakukan kajian dan tinjauan lebih lanjut terhadap ACMECS Single Visa oleh pemerintah negara Thailand dan Kamboja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:24
Last Modified: 04 Apr 2019 03:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item