RESPON PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN TANAMAN MARIGOLD (Tagetes erecta L.) PADA BERBAGAI KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS GIBERELIN

SEPTIYANA, TIWIK (2019) RESPON PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN TANAMAN MARIGOLD (Tagetes erecta L.) PADA BERBAGAI KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS GIBERELIN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak .pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pemberian komposisi media tanam dan dosis giberelin yang baik untuk pertumbuhan tanaman marigold. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 2 faktor, faktor pertama yaitu komposisi media tanam yang terdiri dari 4 taraf yaitu Tanah, Tanah + pupuk kandang sapi + arang sekam, Tanah + pupuk kandang sapi + kokopit, Tanah + pupuk kandang sapi + serbuk gergaji. Faktor kedua yaitu dosis giberelin dengan 5 taraf yaitu : 0 mg, 120,96 mg/3024 ml, 241,92 mg/3024 ml, 362,88 mg/3024 ml, dan 483,84 mg/3024 ml. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam diikuti dengan uji lanjut menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf uji 5%. Tidak terdapat interaksi antara pemberian komposisi media tanam dan GA3 yang digunkan terhadap pertumbuhan marigold. Komposisi media tanam berpengaruh nyata terhadap parameter hari mulai berbunga dan diameter bunga. Penggunaan komposisi media tanam tanah + pupuk kandang sapi + serbuk gergaji mendapatkan hasil terbaik pada parameter hari mulai berbunga sedangkan media tanam dengan komposisi tanah + pupuk kandang sapi + kokopit dan komposisi tanah + pupuk kandang sapi + serbuk gergaji mendapatkan hasil terbaik pada parameter diameter bunga. Dosis GA3 berpengaruh nyata terhadap parameter hari mulai berbunga. Penggunaan giberelin dengan dosis 362,88 mg/3024 ml mendapatkan hasil yang terbaik pada parameter hari mulai berbunga. Kata Kunci : Marigold, Media Tanam, Giberelin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:13
Last Modified: 04 Apr 2019 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19092

Actions (login required)

View Item View Item