RANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN BATUBARA DI PIT IV PT. CITRA MANDIRI SUKSES BERSAMATAMA KECAMATAN TERING KABUPATEN KUTAI BARAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

RAHMAWAN, REZKI (2019) RANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN BATUBARA DI PIT IV PT. CITRA MANDIRI SUKSES BERSAMATAMA KECAMATAN TERING KABUPATEN KUTAI BARAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

PT. Citra Mandiri Sukses Bersamatama (PT. CMSB) merupakan perusahaan konsultan yang bergerak di bidang pertambangan Batubara yang berlokasi di Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur. Latar belakang penelitian ini ialah belum adanya suatu penjadwalan produksi dan rancangan penambangan perbulan serta kebutuhan alat muat dan alat angkut untuk mencapai target produksi batubara. Dalam hal ini, dilakukan pembuatan desain penambangan dimulai dari awal hingga akhir penambangan dan membuat rekomendasi kebutuhan alat gali muat dan alat angkut untuk pengoptimalan produksi, serta melaksanakan penambangan secara aman, efektif, dan efisien. Berdasarkan data dari PT. CMSB target produksi penambangan untuk Lapisan Tanah Penutup dan Batubara yang ada di Pit IV sebesar 1.940.251 Bcm dan 875.523 Ton dengan Stripping Ratio 4:1, diperkirakan umur tambang selama 10 Bulan. Penambangan dilokasi penelitian dilakukan dengan sistem tambang terbuka, dengan metode Strip mining. Pembongkaran lapisan tanah penutup dan penambangan batubara akan dilakukan secara mekanis dengan Komatsu PC 300 berkapasitas bucket 1,6 m3 sebagai alat gali-muat, serta Dump Truck Hino FM 260 JD digunakan untuk pengangkutan lapisan tanah penutup. Adapun untuk penambangan Batubara menggunakan Backhoe Hyundai R220-9SH berkapasitas bucket 0.92 m3 sebagai alat gali-muat dan Dump Truck Hino FM 260 JD sebagai alat angkut. Metode penyelesaian masalah dilakukan dengan pengolahan data sekunder untuk perancangan jenjang penambangan, perancangan bukaan tambang, perhitungan kebutuhan alat yang diperlukan untuk memenuhi target produksi penambangan,dan penjadwalan produksi. Penjadwalan dilakukan pada Bulan Agustus - November Tahun 2017 dengan periode penjadwalan produksi per 1 (satu) bulan dalam kurun waktu 4 (empat) bulan. Adapun target produksi lapisan tanah penutup dan batubara pada pit IV sebagai berikut : Untuk periode pertama sebesar 209.344 bcm dan 54.770 ton, untuk periode kedua sebesar 203.770 bcm dan 55.155 ton, untuk periode ketiga sebesar 216.431 bcm dan 55.204 ton,dan untuk periode keempat sebesar 213.502 bcm dan 63.497 ton, Jalan tambang yang akan dibuat sebesar 15 meter untuk jalan lurus dengan kemiringan jalan sebesar 10% dengan sistem jalan tambang 2 arah. Untuk lokasi penimbunan lapisan tanah penutup menggunakan lubang bekas pit dengan jarak 500 m. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan kemajuan penambangan mampu memenuhi target produksi batubara yang diharapkan perusahaan dengan kebutuhan alat yang berbeda di setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:31
Last Modified: 02 Apr 2019 03:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19040

Actions (login required)

View Item View Item