PENGARUH PEMBERIAN MACAM BAHAN ORGANIK DAN PUPUK NITROGEN TERHADAP KETERSEDIAAN N REGOSOL DAN PERTUMBUHAN CABAI MERAH (capsicum annuum L.)

Tyas, Mega Ayuning (2019) PENGARUH PEMBERIAN MACAM BAHAN ORGANIK DAN PUPUK NITROGEN TERHADAP KETERSEDIAAN N REGOSOL DAN PERTUMBUHAN CABAI MERAH (capsicum annuum L.). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Regosol merupakan salah satu jenis tanah yang berpotensi sebagai media tumbuh tanaman cabai merah, namun tanah ini memiliki kendala yang cukup serius baik segi fisik maupun kimia khususnya ketersediaan N. Pemberian bahan organik dan pupuk nitrogen diharapkan dapat mengatasi kendala tanah Regosol dan menambah hara N pada tanah Regosol dan pertumbuhan cabai merah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian macam bahan organik dan pupuk urea terhadap ketersediaan N Regosol dan pertumbuhan cabai merah. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor. Faktor pertama yaitu macam bahan organik dengan dosis 20 ton/ha. B0= Tanpa bahan organik, B1=Pupuk kandang sapi, B2= Kirinyu, B3= Jerami padi, B4= kotoran sapi 10 ton/ha+jerami 10 ton/ha, B5= kotoran sapi 10 ton/ha+ kirinyu 10 ton/ha. Faktor kedua yaitu pupuk nitrogen: N0= Tanpa pupuk urea, N1= Pupuk Urea 200 kg/ha. Parameter yang digunakan pada penelitian yaitu: C-organik, pH (H2O), KPK, N-tersedia, tinggi tanaman, berat basah tanaman, dan berat kering tanaman. Data dianalisis menggunakan sidik ragam ANOVA, untuk menguji perbedaan antar rerata pelakuan digunakan uji Ducan Multiple Range Test (DMRT) dengan jenjang nyata 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian macam bahan organik berpengaruh nyata meningkatkan pH (H2O), tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap peningkatan C-organik, N-tersedia, KPK, tinggi tanaman, berat basah tanaman, dan berat kering tanaman. Sedangkan pemberian pupuk urea berpengaruh nyata dalam peningkatan pH (H2O), N-tersedia, tinggi tanaman, berat basah tanaman, dan berat kering tanaman, tetapi tidak berpengaruh nyata dalam peningkatan C-organik dan KPK. Pemberian pupuk urea 200kg/ha (N1) mendapatkan hasil yang terbaik. Kombinasi macam bahan organik dan pupuk urea berpengaruh nyata meningkatan pH (H2O), tinggi tanaman, dan berat kering tanaman, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap C-organik, N-tersedia, KPK, dan berat basah tanaman. Kombinasi pupuk kandang sapi 20 ton/ha (B1) dan pupuk urea 200 kg/ha (N1) mendapatkan hasil yang terbaik. Kata kunci : Regosol, bahan organik, pupuk urea, dan cabai merah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:16
Last Modified: 02 Apr 2019 03:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19030

Actions (login required)

View Item View Item