ANALISIS KONTROL GEOLOGI PADA NILAI POROSITAS DAN PERMEABILITAS INTERVAL MAIN, FORMASI CIBULAKAN ATAS, LAPANGAN ARYA, CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA, BERDASARKAN DATA GEOMEKANIK, SUMUR, DAN SEISMIK

PRAYUDI, ARYOBIMO SAMUDRA (2019) ANALISIS KONTROL GEOLOGI PADA NILAI POROSITAS DAN PERMEABILITAS INTERVAL MAIN, FORMASI CIBULAKAN ATAS, LAPANGAN ARYA, CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA, BERDASARKAN DATA GEOMEKANIK, SUMUR, DAN SEISMIK. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewasa ini minyak dan gas bumi merupakan sumber energi yang utama. Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan minyak dan gas bumi, dan menipisnya jumlah cadangan yang tersedia, mendorong perusahaan migas untuk melakukan usaha-usaha dibidang eksplorasi. Penelitian dilakukan pada salah satu wilayah operasi PT. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ) tepatnya pada Lapangan ARYA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan mengintegrasikan data subsurface berupa data log geomekanik, sumur, dan seismik. Interval Main, Formasi Cibulakan Atas diendapkan pada lingkungan laut dangkal. Struktur geologi yang berkembang berupa sesar-sesar turun berarah baratlaut – tenggara dan sesar geser berarah timurlaut – baratdaya. Nilai porositas efektif pada Interval Main Cibulakan berkisar antara 0,17 – 0,31 dan nilai permeabilitas berkisar antara 4,16 – 26,37 mD. Nilai porositas dan nilai permeabilitas dikontrol oleh struktur geologi yang berkembang pada daerah penelitian. Struktur geologi yang mengontrol adalah sesar turun berarah baratlaut – tenggara dan sesar geser baratdaya – timur laut. Data geomekanik menunjukkan bahwa Tekanan Pori (Pp) pada daerah penelitian relatif sama Tekanan Normal Hidrostatik (Tn) yaitu memiliki gradien rata-rata terhadap kedalaman sebesar 0,44. Tiga tekanan utama daerah penelitian, yaitu Tekanan Overburden (Sv), Tekanan Horizontal Maksimum (Shmaks), dan Tekanan Horizontal Minimum (Shmin) menunjukkan konfigurasi sesar geser. Kata Kunci: Cekungan Jawa Barat Utara, porositas, permeabilitas, lingkungan pengendapan, geomekanik, seismik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Apr 2019 02:47
Last Modified: 02 Apr 2019 02:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19024

Actions (login required)

View Item View Item