PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN KIRINYUH PADA BERBAGAI WAKTU INKUBASI TERHADAP KETERSEDIAAN NPK TANAH PASIR PANTAI DAN PERTUMBUHAN TOMAT

Umaroh, Wiwi Anik (2019) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN KIRINYUH PADA BERBAGAI WAKTU INKUBASI TERHADAP KETERSEDIAAN NPK TANAH PASIR PANTAI DAN PERTUMBUHAN TOMAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of FULL-SKRIPS IWiwi Anik Umaroh_.pdf] Text
FULL-SKRIPS IWiwi Anik Umaroh_.pdf

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK
Unsur-unsur N (Nitrogen), P (fosfor), dan K (Kalium) merupakan unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tomat. Tanah Pasir Pantai berpotensi sebagai media tumbuh tomat, namun tanah ini memiliki kendala berupa kualitas tanah yang rendah. Pupuk kandang sapi sebagai sumber bahan organik sehingga pemberian pupuk kandang sapi dan kirinyuh dapat mengatasi kendala tanah Pasir Pantai dan menambah ketersediaan hara N, P, K. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang sapi dan kirinyuh pada berbagai waktu inkubasi terhadap ketersediaan NPK di tanah pasir pantai. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap 2 faktor, faktor pertama bahan organik terdiri dari 4 aras ; kontrol (P0), kirinyuh (P1) setara 94,32 gram, pupuk kandang (P2) setara 94,32 gram, campuran pupuk kandang dan kirinyuh (P3) masing-masing setara 47,16 gram. Faktor kedua waktu inkubasi terdiri dari 3 aras ; 0 hari (K1), 20 hari (K2) dan 40 hari (K3). Parameter pendahuluan tanah; C-organik, pH, H2O, N-tersedia, P-tersedia, K-tersedia, KPK, Tekstur. Parameter pupuk organik; C-Organik, N-total, P205, K205, serta parameter pertumbuhan tanaman; tinggi tanaman, berat basah dan kering. Hasil penelitian menunjukkan pemberian kirinyuh dan pupuk kandang sapi berpengaruh nyata pada peningkatan N, P dan KPK tanah pasir pantai dan berat basah, berat kering tanaman tomat. Waktu Inkubasi mulai 20 hari berpengaruh meningkatkan P tersedia dan KPK tanah pasir pantai. Pemberian pupuk kandang sapi dan krinyuh pada berbagai waktu inkubasi tidak ada interaksi terhadap ketersediaan NPK tanah pasir pantai dan pertumbuhan tomat.Hasil terbaik dari kombinasi perlakuan yaitu parameter P dengan perlakuan pupuk kandang sapi dan kirinyuh(P3) dan inkubasi 20 hari (K2)
Kata Kunci : Tanaman tomat, Lahan pasir pantai, Pupuk kandang, Kirinyuh, Unsur hara N,P dan K

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Apr 2019 01:53
Last Modified: 05 Apr 2022 04:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19017

Actions (login required)

View Item View Item