DESAIN KOKOH ADUKAN SEMEN DENGAN PENAMBAHAN KAPUR HALUS MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus Perumahan Akasia Valley, Tangerang Selatan)

Ramadhan, Faizal (2019) DESAIN KOKOH ADUKAN SEMEN DENGAN PENAMBAHAN KAPUR HALUS MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus Perumahan Akasia Valley, Tangerang Selatan). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
(_)ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 COVER DEPAN.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Adukan semen merupakan bahan utama yang digunakan dalam pembangunan sebuah rumah atau gedung. Adukan semen menggunakan campuran semen, pasir, dan air untuk membuatnya. Kebutuhan semen pada adukan semen untuk pembuatan rumah atau gedung sangatlah banyak sehingga dapat membuat ongkos produksi menjadi tinggi. Batu kapur bisa menjadi bahan perekat alternatif pengganti semen, sehingga dengan dilakukannya desain ekperimen penambahan kapur ini diharapkan dapat mengurangi kebutuhan semen dan mengurangi biaya produksi. Pada penelitian ini digunakan metode Taguchi dengan matriks ortogonal L27(313) yaitu eksperimen sebanyak 27 perlakuan dengan 3 replikasi dan 4 faktor yaitu semen, pasir, air, dan kapur halus. Dengan menambahkan kapur ke dalam bahan pembuatan adukan semen dengan mengurangi prosentase semennya. Kemudian adukan semen dicetak dan dikeringkan, sehingga bias diuji kuat tekannya. Hasil penelitian menunjukkan uji kuat tekan specimen adukan semen dengan mengganti semen dengan kapur dengan prosentase kapur 5% yang semula 1.595,67 Kgf dapat naik menjadi 2.099 Kgf. Kenaikan uji kuat tekan ini menunjukkan adanya manfaat kapur sebagai pengganti prosentase semen, ditunjukkan dengan adanya kenaikan uji kuat tekan sebesar 27,3%. Kata Kunci: Adukan semen, Penambahan kapur, Kuat tekan, Taguchi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Apr 2019 04:33
Last Modified: 01 Apr 2019 04:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18992

Actions (login required)

View Item View Item