PENGARUH PENGUNAAN AUKSIN DAN KOMPOSISI MEDIA TANAMAN PADA PERTUMBUHAN BIBIT DARI BELAHAN BONGGOL (BIT) TANAMAN PISANG KLUTUK

ASYARI, MOH AFIF HASYIM (2019) PENGARUH PENGUNAAN AUKSIN DAN KOMPOSISI MEDIA TANAMAN PADA PERTUMBUHAN BIBIT DARI BELAHAN BONGGOL (BIT) TANAMAN PISANG KLUTUK. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Pisang klutuk merupakan tanaman yang sudah dikenal masyakarat Indonesia. Upaya untuk menigkatkan tanaman pisang klutuk dapat dilakukan diantaranya melalui penigkatan kualitas bibit dengan bonggol/bit pisang sehingga diperoleh bibit dalam jumlah banyak dan seragam. Serta menggunakan zat pengatur tumbuh. Tujan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian konsentrasi auksin dan media tanam untuk pertumbuhan pisang klutuk. Penelitian dilaksanakan di kebun penelitian Plasma nufah pada Tanggal 5 Desember – 13 Maret 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap faktorial yaitu faktor pertama konsentrasi auksin IAA konsentrasi 0 ppm, konsentrasi 30 ppm, konsentrasi 60 ppm, konsentrasi 90 ppm dan faktor kedua yaitu media ( Tanah tanpa kompos, perbandingan (1 : 0), Tanah + kompos, perbandingan (1 : 1), Tanah + kompos, perdandingan (2 : 1), Kompos tanpa tanah, perbandingan (0 : 1). Setiap kombinasi perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Parameter yang diamati meliputi pengamatan pertumbuhan tunas (waktu munculnya tunas, tinggi tanaman, diameter batang, presentase bonggol bertunas, bobot basah tunas, bobot, kering tunas), dan pengamatan pertumbuhan akar dan daun(jumlah akar, jumlah daun, panjang daun dan lebar daun). Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji ANOVA (Analisis of Varians) pada jenjang nyata α 5% dan apabila terdapat bedanyata maka diuji lanjut dengan uji jarak Berganda Duncan atau Duncan’s Mutiple Test (DMRT) pada jenjang α 5%. Hasil menunjukan adanya interaksi pada pengamatan tinggi tanaman 8 MST dan tinggi tanaman 14 MST terdapat interaksi antar perlakuan, diameter batang 8 MST, dan 14 MST juga terhadap intraksi, lebar daun 8 MST, dan 14 MST terdapat interaksi konsentrasi auksin 60 ppm berpengaruh nyata paling baik di semua parameter muncul tunas, tinggi tanaman, diameter batang, bobot kering, bobot basah, jumlah akar, panjang daun dan lebar daun dan tanah dan kompos 1 : 1 berperan dalam tinggi tanaman, diameter batang, jumlah akar jumlah daun dan panjang daun, karena kebutuhan unsur hara tercukupi. Kata Kunci : pisang klutuk, media tanam, dan auksin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:53
Last Modified: 01 Apr 2019 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18983

Actions (login required)

View Item View Item