Purnomo, Indra (2019) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP BERITA TENTANG HIZBUT TAHRIR INDONESIA DI KOMPAS.COM. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK PDF.pdf Download (37kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER PDF.pdf Download (119kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI PDF.pdf Download (37kB) | Preview |
Preview |
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (498kB) | Preview |
Text
daftar pustaka.pdf Download (198kB) |
Abstract
Konstruksi yang diciptakan media online tentu dapat berdampak cukup besar bagi khalayak ketika membaca teks berita tersebut. Secara tidak langsung makna yang disajikan oleh media mampu diproses khalayak. Namun perlu diingat bahwa khalayak bukan benda mati. Ia dapat menerima bahkan menolak makna dominan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pemaknaan audience terhadap berita tentang Hizbut Tahrir Indonesia di Kompas.com serta apa saja faktor yang mempengaruhi pemaknaan audience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan audience terhadap berita tentang Hizbut Tahrir Indonesia di Kompas.com dan faktor apa saja yang mempengaruhi pemaknaan tersebut. Belakangan ini banyak media online yang memberitakan organisasi politik Hizbut Tahrir Indonesia. Namun dari sekian media tersebut peneliti memilih Kompas.com. Hal tersebut dikarenakan Kompas.com sudah terverifikasi dalam Jaringan Internasional Penguji Informasi. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara pada tanggal 23, 30 November, 12, 16, 20 Desember 2018, dan 10 Januari 2019. Teori yang digunakan untuk menganalisis pemaknaan audience adalah teori decoding-encoding Stuart Hall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemaknaan audience terhadap berita tentang Hizbut Tahrir Indonesia di Kompas.com sangat beragam. Ada 4 audience yang berada pada posisi Dominant Reading dan 2 audience pada posisi Oppositional Reading. Pada penelitian ini ada 1 posisi pemaknaan menurut Stuart Hall yang tidak bisa masuk ke semua informan yaitu posisi Negotiated Reading. Hal itu disebabkan karena para audience memahami hampir semua pemaknaan yang ditawarkan oleh teks berita namun, mereka menolak bagian-bagian tertentu dari isi berita yang disajikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi audience terhadap berita tentang Hizbut Tahrir Indonesia di Kompas.com dalam melakukan pemaknaan ada 3 yaitu, faktor usia, faktor latar belakang pendidikan, dan faktor frekuensi waktu membaca atau terpaan.
Kata kunci : analisis resepsi, media online, kompas.com, hizbut tahrir indonesia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis resepsi, media online, kompas.com, hizbut tahrir indonesia |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 01 Apr 2019 03:32 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 03:20 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18977 |
Actions (login required)
View Item |