PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM KERJASAMA PERBATASAN INDONESIA–MALAYSIA DI KALIMANTAN BARAT (Sosek Malindo di Kabupaten Sambas Aruk–Biawak)

Wirawan, M. Ridho (2019) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM KERJASAMA PERBATASAN INDONESIA–MALAYSIA DI KALIMANTAN BARAT (Sosek Malindo di Kabupaten Sambas Aruk–Biawak). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3_COVER.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang Peran Pemerintah Daerah dalam Kerjasama Internasional yang mana pada kasus ini adalah Kerjasama Sosek Malindo di Perbatasan Aruk-Biawak di Kalimantan Barat. Konsep Paradiplomasi menjelaskan peran Subnational, Pemerintah Lokal atau Pemerintah Daerah dalam Kerjasama Internasional. Dalam Kerjasama Sosek Malindo ini, dimana kerjasama Sosek Malindo yang sudah berjalan dari tahun 1993 dan menghasilkan banyak keputusan dalam sidang Sosek Malindo akan tetapi bentuk realisasi dari hasil kesepakan Sosek Malindo tersebut belum berdampak signifikan bagi masyarakat perbatasan Aruk-Biawak. Skripsi ini bertujuan menelaah peran Pemerintah Daerah dalam Kerjasama Sosek Malindio di Perbatasan Aruk-Biawak (Kab.Sambas), dalam hal ini peran pemerintah daerah (Kabupaten dan Provinsi), pemerintah kabupaten di wakili Bapak Ir.H Burhannudin A.Rasyid berperan aktif dalam Formal Sosek Malindo akan tetapi tidak hanya melalui Formal Sosek Malindo Bupati juga berperan dalam NonFormal dimana dalam jalur ini bupati memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan para pemimpin yang ada di Malysia ( Da’to Soleh Sulaiman Selaku Ketua Sosek Malindo Sarawak dan Da’to Taib selaku Ketua Sosek Malindo Malaysia). Jalur Formal dan NonFormal inilah yang dapat mempengaruhi hasil sidang Sosek Malindo di Kalimantan Barat. Kata kunci : Peran Pemerintah Daerah Dalam Kerjasama Sosek Malindo, Sosek Malindo di Perbatasan Aruk-Biawak, Sosek Malindo di Kabupaten Sambas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Mar 2019 01:17
Last Modified: 29 Mar 2019 01:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18948

Actions (login required)

View Item View Item