KAJIAN TEKNIS REKLAMASI PADA LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BIJIH BAUKSIT PT. SANMAS MEKAR ABADI DI KECAMATAN SINGKEP, KABUPATEN LINGGA, PROVINSI KEPULAUAN RIAU

BUDI PRASETYA, RAHMAT (2019) KAJIAN TEKNIS REKLAMASI PADA LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BIJIH BAUKSIT PT. SANMAS MEKAR ABADI DI KECAMATAN SINGKEP, KABUPATEN LINGGA, PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

PT. Sanmas Mekar Abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan bauksit yang berlokasi di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau dengan luas IUP 2575 Ha. Sistem penambangan yang digunakan oleh PT. Sanmas Mekar Abadi adalah sistem tambang terbuka (Surface Mining) dengan metode penambangan open pit. Kegiatan penambangan berlangsung sejak 2010 hingga 2015. Permasalahan yang muncul adalah ketika pertambangan berlangsung dan ketika kegiatan pertambangan berhenti, PT. Sanmas Mekar Abadi belum melakukan kegiatan reklamasi yang telah di rencanakan sebelum dilakukanya penambangan. Akibat tidak di lakukanya reklamasi, pemukiman warga yang berada di dekat WIUP (Wilayah Ijin Usaha Pertambangan) terkena limpasan air dari bekas bukaan penambangan hingga terjadi banjir yang dapat mengakibatkan kerugian. Metode penelitian yang dilakukan yaitu merencanakan reklamasi pada lahan bekas penambangan dengan keadaan yang sesungguhnya di lapangan. Penelitian ini dilakukan pada Blok A yang memiliki 3 front penambangan, front 1 memiliki luas bukaan tambang sebesar 16,24789 Ha, front 2 memiliki luas bukaan sebesar 17,39287 Ha, front 3 memiliki luas bukaan sebesar 11,26330ha, Kegiatan reklamasi yang direncanakan permaka kali adalah melakukan penataan lahan dengan metode teras datar kemudian pembuatan saluran air untuk menanggulangi terjadinya erosi, kemudian revegetasi yang dilakukan adalah penanaman pohon karet dengan jarak lubang tanam syaitu 4 x 4m` Setelah hasil rencana reklamasi ini didapatkan maka akan rencana reklamasi pada lahan bekas penambangan ini akan menjadi masukan bagi perusahaan untuk melakukan kegiatan reklamasi. Pada saat berhentinya penambangan belum terdapat lahan yang dilakukan reklamasi, penataan lahan pada lahan bekas penambangan belum dilakukan. Sehingga dengan kondisi seperti ini mengakibatkan terjadinya erosi (kelas I – kelas II ). Setelah di lakukan reklamasi, dengan menata permukaan lahan, pembuatan saluran terbuka, dan penanaman tanaman reklamasi akan di dapat kelas erosi kelas I ( sangat ringan)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Mar 2019 07:11
Last Modified: 28 Mar 2019 07:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18944

Actions (login required)

View Item View Item