PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN VEGETATIF BEBERAPA VARIETAS KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) PADA BERBAGAI KONSENTRASI GARAM NaCl

Atikasari, Nova Yogya (2019) PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN VEGETATIF BEBERAPA VARIETAS KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) PADA BERBAGAI KONSENTRASI GARAM NaCl. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 20190326024725.pdf]
Preview
Text
20190326024725.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of Nova Yogya Atikasari.pdf] Text
Nova Yogya Atikasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi NaCl terhadap perkecambahan dan pertumbuhan vegetatif beberapa varietas tanaman kacang hijau dan mencari varietas kacang hijau yang tahan terhadap cekaman salinitas. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor dan masing-masing 3 ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi larutan garam NaCl yang terdiri atas 3 taraf perlakuan yaitu 0 ppm (part per million), 2000 ppm, 4000 ppm. Faktor kedua adalah varietas yang terdiri atas 10 varietas yaitu varietas Vima 1, Vima 2, Vima 3, Kutilang, Murai, PB, Crystal, Lugut, Sampeong, dan Australia. Parameter yang diamati adalah laju perkecambahan, persentase perkecambahan, tinggi tanaman, jumlah tangkai daun, luas daun, diameter batang, volume akar, dan bobot kering tanaman. Data dianalisis dengan analisis varian (ANOVA), data hasil penelitian pada perlakuan yang berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf 5 %.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada interaksi pada parameter laju perkecambahan dan persentase kecambah normal. Hasil analisis laju perkecambahan pada perlakuan konsentrasi garam NaCl 2000 ppm didapatkan 6 varietas yang memiliki laju perkecambahan lebih cepat yaitu Vima 1, Vima 3, Kutilang, Lugut, Sampeong, dan Australia dengan rata-rata laju perkecambahan ± 4 hari. Varietas Vima 3 memiliki pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah tangkai daun, luas daun, dan bobot kering tanaman paling baik dibandingkan varietas lainnya.
Kata kunci : kacang hijau, larutan NaCl, varietas, dan perkecambahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:28
Last Modified: 16 Mar 2023 08:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18872

Actions (login required)

View Item View Item