GEOLOGI DAN STUDI HIDROKIMIA PADA DAERAH MALANGAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN JATINOM, TULUNG DAN MOJOSONGO, KABUPATEN KLATEN-BOYOLALI, PROPINSI JAWA TENGAH

CHANDRA A.N, SEPTIAN (2019) GEOLOGI DAN STUDI HIDROKIMIA PADA DAERAH MALANGAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN JATINOM, TULUNG DAN MOJOSONGO, KABUPATEN KLATEN-BOYOLALI, PROPINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SARI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

SARI Secara administratif daerah penelitian termasuk dalam wilayah Kecamatan Tulung, Jatinom dan Karanganom, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis terletak pada koordinat 453500 mT – 458000 mT dan 9157500 mU – 9163500 mU (dalam koordinat UTM, zona 49S) dengan luas ± 65,59 km2. Geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi dua satuan bentuk asal yaitu bentuk asal Vulkanik (V) dan bentuk asal Fluvial (F). Satuan bentuk asal vulkanik berupa Lereng Vulkanik Bawah (V5). Satuan bentuk asal Fluvial dibagi menjadi dua satuan bentuk lahan, yaitu: Gosong Sungai (F1) dan Lembah Sungai (F2). Pola pengaliran sungai yang berkembang adalah pola pengaliran parallel yang mencerminkan bahwa daerah penelitian memiliki resistensi batuan yang seragam dan arah kemiringan lereng yang seragam. Stratigrafi daerah penelitian terdiri dari 3 satuan batuan dari tua ke muda yaitu: satuan breksi lahar merapi tua, satuan batupasir tuffan merapi muda dan satuan endapan alluvial. Hubungan stratigrafi antara satuan breksi lahar merapi tua dengan satuan batupasir tuffan merapi muda yaitu menjari. Fasies pada daerah penelitian berupa distal volcaniclastic yang diendapkan pada lingkungan Darat - Gunungapi. Menurut Permenkes No.492/Menkes/Per/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, airtanah di daerah penelitian memiliki kandungan senyawa kimia yang masih dalam batas wajar untuk dikonsumsi sedangkan dilihat dari segi kriteria kualitas air masuk ke dalam golongan B (air yang dapat digunakan sebagai air baku air minum), dimana air yang diperoleh harus diolah atau dimasak terlebih dahulu. Jenis akuifer pada daerah penelitian berupa akuifer bebas dan akuifer tertekan. Karakteristik kimia airtanah berdasarkan klasifikasi anion-kation dalam presentasi ion utama diagram trilinear piper: Kationnya adalah tipe no dominan, anionnya adalah tipe bikarbonat (HCO3 Type). Berdasarkan klasifikasi tipe kimia air dalam diagram trilinear piper termasuk dalam Tipe Bikarbonat (HCO3 Type), dimana kekerasan karbonat (alkalinitas sekunder) > 50% yaitu sifat kimia airtanah didominasi unsur alkali tanah dan asam lemah. Sedangkan berdasarkan analisis diagram Stiff menunjukkan adanya 2 tipe dominan kimia air yaitu tipe NaHCO3 dan CaHCO3. Kata kunci: Stratigrafi vulkanik, karakteristik kimia airtanah, akuifer airtanah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 Mar 2019 01:59
Last Modified: 27 Mar 2019 01:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18866

Actions (login required)

View Item View Item