Pemetaan Mikrozonasi Berdasarkan Indeks Kerentanan Tanah dan Peak Ground Acceleration Menggunakan Metode Mikroseismik Pada Daerah Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DIY

PRASETYA, RANDIKA DHANA (2019) Pemetaan Mikrozonasi Berdasarkan Indeks Kerentanan Tanah dan Peak Ground Acceleration Menggunakan Metode Mikroseismik Pada Daerah Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DIY. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan Dika.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan Dika.pdf

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Full.pdf] Text
Skripsi-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Daerah Yogyakarta merupakan kawasan yang memiliki tingkat aktifitas gempa yang cukup tinggi. Karena daerah ini banyak sekali aktifitas tektonik, gempa bumi juga bisa disebabkan oleh adanya sesar aktif. Penelitian dilakukan pada daerah Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan metode Mikroseismik.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas tanah ketika terkena gelombang dan langkah awal untuk mitigasi bencana alam. Metode HVSR (Horizontal to Vertical Spectrum Ratio) digunakan untuk mendapatkan nilai Frekuensi Natural dan Amplifikasi serta indeks Kerentanan Tanah, dari semua nilai tersebut didapatkan nilai Peak Ground Acceleration (PGA).
Dari hasil penelitian ini pada daerah Kecamatan Piyungan didominasi dengan nilai rendah yaitu 0,8 - 2 Hertz yang berarti pada daerah tersebut memiliki kedalaman sedimen yang sangat tebal. Untuk ( ) didominasi dengan nilai sedang yaitu 5,5 - 7 yang mengindikasikan sedimen tersebut lunak dan gelombang seismik akan besar ketika pada daerah tersebut. Kemudian nilai Kerentanan Tanah memiliki nilai sedang sampai tinggi yaitu 50-70 yang berarti pada daerah tersebut memiliki tingkat resiko gempa sangat tinggi. Dan yang terakhir ada nilai PGA memiliki nilai 560-660 Gal dapat di dimungkinkan pada daerah ini memiliki tingkat pergerakan atau pergeseran tanah yang sangat besar ketika terkena gempa.
Kata Kunci : Mikroseismik, Peak Ground Acceleration, Kerentanan Tanah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Mar 2019 01:46
Last Modified: 21 Mar 2023 04:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18861

Actions (login required)

View Item View Item