ANALISIS STRUKTUR DAN KEBERADAAN FLUIDA BERBASIS DATA PASIF SEISMIK TOMOGRAFI DENGAN PARAMETER VP DAN VP/VS DI DAERAH INTRA ARC BASIN LAPANGAN “X”

Jatmiko, Gunadi Suryo (2019) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBERADAAN FLUIDA BERBASIS DATA PASIF SEISMIK TOMOGRAFI DENGAN PARAMETER VP DAN VP/VS DI DAERAH INTRA ARC BASIN LAPANGAN “X”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_Gunadi Suryo Jatmiko.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Gunadi Suryo Jatmiko.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_Gunadi Suryo Jatmiko.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_Gunadi Suryo Jatmiko.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Sebagai negara berkembang Indonesia masih menopang energi listrik untuk menggerakan industri dengan minyak bumi. Namun karena perkembangan Industri yang sangat pesat kebutuhan minyak bumi Indonesia semakin meningkat, akan tetapi produksi minyak bumi memperlihatkan penurunan produksi sehingga dilakukan pencarian potensi keberadaan minyak bumi baru pada daerah yang belum dilakukan eksplorasi. Pada daerah penelitian, tepatnya pada Jawa Timur bagian selatan belum dilakukan eksplorasi detail. Namun terdapat Formasi Nampol yang tersingkap di permukaan dengan adanya indikasi lempung hitam sebagai indikasi keterdapatan batuan induk. Akan tetapi keterdapatan batuan kuarter dan endapan batugamping membuat eksplorasi menjadi sulit dilakukan eksplorasi dengan seismik refleksi, sehingga perlu adanya alternatif metode seperti pasif seismik tomografi untuk mendapatkan keberadaan minyak bumi pada daerah penelitian. Penelitian ini menggunakan data seismik sekunder (gempa bumi) dari Pusat Survei Geologi dari Juli hingga September 2017, dengan total event gempa sebanyak 204 peristiwa gempa. Untuk melakukan tomografi bawah permukaan digunakan metode waktu tunda dengan metode Ray Tracing Pseudo Bending untuk menghitung variasi kecepatan gelombang primer (Vp) dan rasio kecepatan gelombang primer ke sekunder (Vp/Vs). maka, struktur dan fluida dari area penelitian dapat diketahui. Pola tektonik daerah penelitian berdasarkan peta seismisitas diketahui sebab gempa mikro berasal dari subduksi selatan Jawa, struktur , dan aktivitas vulkanik gunungapi semeru. Model tomografi kecepatan gelombang primer (Vp) memperlihatkan adanya Graben pada daerah penelitian didukung dengan data gravitasi penelitian terdahulu. Berdasarkan analisa Vp/Vs diperkirakan terdapat fluida pada daerah pengamatan dengan nilai 1.76 – 1.85. Kata Kunci : Pasif seismik, Tomografi, subduksi, graben, fluida

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 26 Mar 2019 05:00
Last Modified: 26 Mar 2019 05:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18852

Actions (login required)

View Item View Item