TEKNIK KONSERVASI MATA AIR UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN SUMBER AIR DOMESTIK DUSUN JATIREJO, DESA ALASOMBO, KECAMATAN WERU, KABUPATEN SUKOHARJO, JAWA TENGAH

Agasta, Dhuhal Islam (2019) TEKNIK KONSERVASI MATA AIR UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN SUMBER AIR DOMESTIK DUSUN JATIREJO, DESA ALASOMBO, KECAMATAN WERU, KABUPATEN SUKOHARJO, JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-S1-Dhuhal-Islam-Agasta-114130110.pdf] Text
Skripsi-S1-Dhuhal-Islam-Agasta-114130110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting dimanapun berada. Salah satu sumber air yaitu mata air. Di lokasi penelitian terdepat terdapat beberapa mata air yang berpotensi sebagai sumber air yang baik. Dengan adanya permasalahan kekeringan yang melanda setiap tahunnya pada Dusun Jatirejo, Desa Alasombo, Kecamatan Weru, Kab Sukoharjo. Tentu Mata air dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai sumberair yang dapat dipergunakan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik dan potensi mata air yang berada di Dusun Alasombo, besar kebutuhan air yang digunakan dan teknik konservasi guna memenuhi kebutuhan air domestik di Dusun Jatirejo.
Metode yang digunakan adalah survey dan pemetaan, pengambilan sampel, analisis laboratorium, dan metode matematis. Pengambilan sampling air mata air berdasarkan metode purposive sampling, pengambilan mata air diambil 3 titik dari 4 mata air. Metode survey lapangan adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data primer. metode ini meliputi kegiatan pengukuran kemiringan lereng, pengukuran debit mata air, pengecekan penggunaan lahan, pengukuran infiltrasi tanah, jenis tanah, pengecekan satuan batuan, dan struktur geologi. Metode matematis digunakan untuk perhitungan evaluasi dengan menghitung curah hujan, kebutuhan air penduduk, serta debit mata air.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria mata air yang ada di lokasi penelitian berdasarkan tipe mata air yang ada di lokasi penelitian yaitu bertipe Parenial Springs. Berdasarkan debit dari mata air yang ada di lokasi penelitian menunjukkan mata air 1 sebesar 0,12009 L/detik, mata air 2 sebesar 0,05615 L/detik, mata air 3 sebesar 0,06756245 L/detik, dan mata air 4 sebesar 0,045594 L/detik. Berdasarkan Peraturan Menteri kesehatan RI No. 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, air dari mata air di Dusun Jatirejo tidak yang layak dikonsumsi masyarakat, air dapat dikonsumsi harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus dengan suhu 70 derajat celcius. Arahan teknik konservasi meliputi pembuatan zona perlindungan mata air, pembuatan bak penampung, sistem pendistribusian air, dan penanaman tumbuhan rumput pada daerah imbuhan.
Kata Kunci: Mata air, Kualitas Air, Konservasi, Potensi Mata Air

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:55
Last Modified: 01 Feb 2023 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18805

Actions (login required)

View Item View Item