PENGARUH VARIETAS DAN MACAM PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TEBU BUD CHIP

SETIAWAN, MUHAMMAD ABI (2019) PENGARUH VARIETAS DAN MACAM PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TEBU BUD CHIP. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Full.pdf] Text
Skripsi-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan komoditas strategis bagi Indonesia karena mempunyai nilai ekonomi tinggi, terutama sebagai bahan baku gula. Masalah dalam produksi tebu sebagai bahan baku gula diantaranya adalah penyediaan bibit. Teknik bud chip merupakan pembibitan tebu berupa mata tunas yang diambil dari tanaman tebu yang siap dijadikan untuk bahan persemaian. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan acak lengkap (Complete Randomized Design) yang terdiri dari dua faktor perlakuan yaitu varietas dan pupuk organik. Varietas terdiri dari tiga aras perlakuan yaitu PSBM 901, VMC 76-16 dan KK. Pupuk organik terdiri dari empat aras perlakuan yaitu kompos blotong, pupuk kandang ayam, pupuk kandang kambing, dan pupuk kandang sapi. Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, diameter batang, jumlah helai daun, jumlah anakan,volume akar, bobot basah akar, bobot kering akar, bobot basah tanaman dan bobot kering tanaman. Data dianalisis menggunakan Anova dan uji lanjut DMRT taraf 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat interaksi antara perlakuan varietas dan macam pupuk organik pada diameter batang umur 8 mst. Perlakuan varietas PSBM 901 merupakan varietas terbaik pada jumlah daun umur 8 mst. Perlakuan pupuk kandang ayam dan pupuk kandang sapi menunjukkan hasil sama baik pada jumlah anakan umur 8 mst.
Kata kunci : Tebu, Varietas, Pupuk Organik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:33
Last Modified: 31 Jan 2023 02:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18804

Actions (login required)

View Item View Item