TEKNIK REKLAMASI PENAMBANGAN PASIR DAN BATU (SIRTU) DI DESA SANGGANG, KECAMATAN BULU, KABUPATEN SUKOHARJO, PROVINSI JAWA TENGAH

Rambe, Safaruddin (2019) TEKNIK REKLAMASI PENAMBANGAN PASIR DAN BATU (SIRTU) DI DESA SANGGANG, KECAMATAN BULU, KABUPATEN SUKOHARJO, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

INTISARI Kegiatan Penambangan bahan tambang berupa pasir dan batu ( sirtu ) di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah menyebabkan terjadinya perubahan fungsi lahan, bentuk lahan, dan kualitas lingkungan, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kerusakan lingkungan dalam penambangan pasir dan batu (sirtu) dan menentukan rencana reklamasi kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir dan batu (sirtu) sebagai upaya melestarikan fungsi Lingkungan. Metode yang digunakan dalam pengukuran kerusakan lahan ialah survei dan pemetaan parameter serta penentuan titik pengukuran kerusakan menggunakan metode purposive sampling yaitu dengan melakukan pertimbangan tertentu dengan asumsi dapat mewakili seluruhnya. Pengambilan sampel tanah menggunakan sistematik diagonal yaitu dengan menentukan titik tengah disuatu lahan dan mengambil sampel empat penjuru mata angin lalu di campurkan menjadi satu sampel dan parameter yang diuji pada analisi kualitas tanah berupa pH, C-Organik, N-Total, K tersedia, P205. Metode matematis digunakan dalam perhitungan kerusakan lahan, Metode wawancara menggunkan kuisioner untuk mendapatkan informasi dari masyarakat secara kebetulan serta dapat mejadi informan. Penilain kerusakan menggunkan metode matching yaitu mencocokkan atau membandingkan pada setiap parameter, mengacu pada Keputusan Gubernur Daerah Istemewa Yogyakarta No 63 Tahun 2003 Tentang Kriteria Baku Kerusakan Lingkungan Bagi Usaha dan/atau Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C. Uraian dan penjelasan mengenai kerusakan lahan dan desain Teknik Rekayasa Reklamasi menggunkan analisis deskriptif. Parameter yang digunakan sebagai penilaian kerusakan lahan yaitu Batas tepi galian, Kemiringan dinding galian, Kedalaman galian, Tinggi dinding galian, Relief dasar galian, Tutupan vegetasi, dan Kondisi jalan. Hasil penelitian menyatakan kondisi lahan penambangan belum memiliki ijin penambangan dan pada setiap parameter sebagian besar masuk dalam kriteria Rusak. Teknis rekayasa reklamasi yang dilakukan ialah mengacu pada RTRW Kabupaten Sukoharjo 2011-2031 yang di peruntukan sebagai Kebun jati dengan rekayasa lereng 20o. Tanaman yang diperuntukan dilahan reklamasi ialah jati dengan jarak 5 x 5 meter serta penanam rumput peking. Penanaman jati dilakukan pada teras setiap Jenjang sedangkan penanaman rumput Peking atau Jepang disetiap jenjang dan teras pada lahan yang akan direklamasi. Kata kunci : Analisi Kualitas Tanah, Kerusakan Lahan, Penambangan, Rekayasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:21
Last Modified: 25 Mar 2019 04:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18798

Actions (login required)

View Item View Item