UJI PATOGENITAS Metarhizium anisopliae YANG DIPERBANYAK PADA MEDIA BERAS DAN JAGUNG UNTUK PENGENDALIAN KUMBANG BADAK (Oryctes rhinoceros)

Fatkhurohmah, Umi Istiana (2019) UJI PATOGENITAS Metarhizium anisopliae YANG DIPERBANYAK PADA MEDIA BERAS DAN JAGUNG UNTUK PENGENDALIAN KUMBANG BADAK (Oryctes rhinoceros). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Oryctes rhinoceros merupakan hama utama tanaman kelapa. Hama ini mengakibatkan rendahnya produktivitas hasil perkebunan kelapa. Upaya pengendalian O. rhinoceros sebagian besar menggunakan insektisida kimia sintetik. Untuk mengurangi dampak negatifnya, maka dilakukan pengendalian hayati dengan Metarhizium anisopliae. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui media perbanyakan terbaik untuk pertumbuhan jamur M. anisopliae dan dosis terbaik M. anisopliae yang mampu mengendalikan larva O. rhinoceros dengan tingkat patogenisitas tertinggi. Penelitian Laboratorium disusun menurut Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor. Penelitian ini menggunakan 6 (enam) macam perlakuan yaitu K0 : aquades, Kk : Karbofuran 5 g/1 kg, M1 : 20 g/1 kg M. anisopliae yang ditumbuhkan pada media beras, M2 : 30 g/1 kg M. anisopliae yang ditumbuhkan pada media beras, M3 : 20 g/1 kg M. anisopliae yang ditumbuhkan pada media jagung, dan M4 : 30 g/1 kg M. anisopliae yang ditumbuhkan pada media jagung. Setiap perlakuan diulang sebanyak 5 (lima) dan tiap perlakuan diinfestasi 20 larva O. rhinoceros instar ke 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media perbanyakan terbaik untuk pertumbuhan M. anisopliae dengan tingkat patogenesitas tertinggi adalah media jagung. Dosis terbaik M. anisopliae yang mampu mengendalikan larva O. rhinoceros dengan tingkat patogenisitas tertinggi adalah dosis 30 g/1 kg. Hal tersubut didapatkan berdasarkan hasil uji patogenitas M. anisopliae terhadap larva O. rhinoceros (persentase kematian, kecepatan kematian, waktu kematian total, LT50 dan daya makan. Kata Kunci : Patogenitas, M. anisopliae, Mortalitas, O. rhinoceros, media beras dan jagung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:20
Last Modified: 25 Mar 2019 04:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18797

Actions (login required)

View Item View Item