PENENTUAN CADANGAN GAS SISA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL BALANCE DAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN PADA STRUKTUR “A” LAPANGAN “APRIL”

APRILLIE, APRILLIE (2019) PENENTUAN CADANGAN GAS SISA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL BALANCE DAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN PADA STRUKTUR “A” LAPANGAN “APRIL”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Lapangan “APRIL” memiliki lapisan reservoir dry gas yang mulai dikembangkan pada tanggal 3 Februari 1994 dari Struktur “A”. Lapangan ini memiliki tiga sumur yakni “ALPHA”, “BETA”, dan “GAMMA”. Pada tahun 2013, sumur “BETA” dan “GAMMA” telah ditutup dikarenakan telah memproduksikan air yang memperkecil produksi gas. Sedangkan sumur “ALPHA” masih berproduksi dengan laju 7,01 MMSCFD. Maka dari itu, perlu dilakukan investigasi ulang terhadap potensi cadangan sisa pada Struktur “A”. Sehingga dapat ditentukan rencana pengembangan selanjutnya. Metodologi yang digunakan untuk menghitung cadangan gas sisa pada Lapangan “APRIL” ini adalah metode material balance, dikarenakan lapangan ini telah berproduksi. Langkah yang digunakan untuk menghitung cadangan gas sisa adalah yang pertama adalah memperkirakan OGIP menggunakan metode material balance P/Z secara manual menggunakan excel. Lalu, menghitung recovery factor. Selanjutnya, melakukan matching terhadap kumulatif produksi. Setelahnya, dapat diperkirakan besarnya Ultimate Recovery, Recovery Factor, dan cadangan gas sisa dari Lapangan “APRIL”. Dari hasil perhitungan data Lapangan “APRIL” maka didapatkan besarnya OGIP dengan metode material balance P/Z manual adalah 1407,29 BSCF. Berdasarkan besarnya Pinitial (P = 2853 psia) dan Pabandon (P = 600 psia), maka dapat dihitung bahwa recovery factor untuk Lapangan “APRIL” adalah 80,2%. Dan berdasarkan history matching kumulatif produksi sampai 31 Desember 2018 adalah 364,779 BSCF, maka current recovery factor-nya adalah 25,92% untuk Lapangan “APRIL”. Sehingga cadangan per 1 Desember 2018 adalah 763,861 BSCF. Dengan sisa gas sebesar 763,861 BSCF, maka rencana pengembangan Lapangan “APRIL” adalah dengan tetap memproduksikan sumur “ALPHA” dengan laju 7 MMSCFD dan mengebor dua sumur baru yang akan diproduksikan juga dengan laju 7 MMSCFD. Maka dari itu, Lapangan “APRIL” akan mampu berproduksi 21 MMSCFD. Sehingga dapat memenuhi kontrak Perjanjian Jual Beli Gas sebesar 20 MMSCFD selama 30 tahun ke depan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:06
Last Modified: 25 Mar 2019 04:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18794

Actions (login required)

View Item View Item