PENJADWALAN PRODUKSI FLOWSHOP UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN DENGAN METODE CAMPBEL, DUDEK, AND SMITH (CDS) (Studi kasus di CV. Mega Jaya Logam Ceper, Klaten, Jawa Tengah)

Muharam, Naufal Rizqulloh (2019) PENJADWALAN PRODUKSI FLOWSHOP UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN DENGAN METODE CAMPBEL, DUDEK, AND SMITH (CDS) (Studi kasus di CV. Mega Jaya Logam Ceper, Klaten, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (972kB) | Preview

Abstract

CV Mega Jaya Logam adalah perusahaan yang bergerak di bidang logam dengan sistem produksi Make to order, aliran produksi flowshop. Berdasarkan observasi awal perusahaan menggunakan prioritas utama FCFS dimana pengerjaan order di kerjakan berdasarkan kedatangan paling awal, hal ini mengakibatkan durasi pengerjaan produk yang cukup terlampau panjang, penjadwalan yang dilakukan perusahaan masih manual dan belum mempunyai pedoman tetap sehingga perlu pengerjaan dengan metode baru salah satunya dengan penjadwalan flowshop metode Campbell, Dudeck, And Smith (CDS) untuk mendapatkan urutan kerja dengan makespan kecil.
Dalam penelitian ini dimulai dari mengumpulkan data processing time, order, dan stasiun kerja. Mencari nilai waktu siklus dari setiap stasiun kerja dan order, kemudian mencari nilai iterasi setiap mesin dengan rumus K = (m-1) setelah itu cari nilai kecil di mesin t*1 atau t*2 dan urutkan job dari nilai terkecil hingga terbesar di setiap iterasi yang ada, kemudian hitung nilai makespan setiap urutan kerjanya. Nilai makespan priortas perusahaan berdasarkan urutan kerja paling minimum dan nilai makespan metode CDS dibandingkan dan dibuat peta gantt chart untuk melihat waktu total minimal makespan dari masing-masing nilai.
Metode penjadwalan dengan priortas FCFS perusahan didapatkan dengan urutan kerja 1-2-3-4-5-6 menghasilkan nilai makespan sebesar 186,56 jam, sedangkan usulan metode penjadwalan dengan CDS menghasilkan urutan kerja 3-4-6-2-1-5 dengan makespan sebesar 180,52 Jam.
Kata Kunci: CDS, penjadwalan, makespan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:40
Last Modified: 15 Aug 2023 07:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18774

Actions (login required)

View Item View Item