PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, FREE CASH FLOW PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

Mangesti, Adeline Rezhiana (2019) PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, FREE CASH FLOW PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang financial distress, free cash flow, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap Manajemen Laba. Manajemen laba diukur dengan menggunakan akrual diskresioner yang mengaplikasikan Model Jones. Financial distress diukur menggunakan rumus Z Score, Return On Asset (ROA) digunakan untuk mengukur profitabilitas, Debt Equity to Ratio (DER) digunakan untuk mengukur leverage, sedangkan log normal aset digunakan untuk mengukur firm size (ukuran perusahaan). Populasi dalam penelitian adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2017. Sampel yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 26 sampel dengan jumlah data observasi sebanyak 130.
Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial distress, free cash flow, profitabilitas, leverage dan firm size berpengaruh positif terhadap manajemen laba.
Kata Kunci: Manajemen Laba, Financial Distress, Free Cash Flow, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:10
Last Modified: 08 May 2023 04:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18755

Actions (login required)

View Item View Item