SISTEM MONITORING AKREDITASI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus UPN “VETERAN” Yogyakarta)

RATIH, WULAN SURI (2019) SISTEM MONITORING AKREDITASI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus UPN “VETERAN” Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan pembimbing.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan penguji.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sistem akreditasi merupakan salah satu cara penilaian bagi perguruan tinggi di Indonesia. Penilaian ini menjadi sebuah acuan tolak ukur bagi program studi perguruan tinggi baik itu swasta maupun negeri dalam meingkatkan mutu serta kualitas perguruan tinggi tersebut. Penilaian tersebut dilakukan secara berkala dengan proses akreditasi setiap 5 tahun sekali, sebelum proses akreditasi tersebut dilakukan terdapat proses desk evaluation setiap 6 bulan sekali untuk memantau nilai akreditasi. Selama ini prioritas pebaikan nilai standar akreditasi berdasarkan hasil penilaian borang dengan rumus ban-pt, padahal terdapat faktor lain yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan kaprodi untuk perbaikan nilai standar akreditasi yaitu kualitas dan ketersediaan staff dan pengajar, kecukupan anggaran untuk perbaikan, rentang waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan akreditasi, sarana prasarana yang mendukung dalam proses perbaikan, serta kelengkapan dokumen akreditasi. Sistem ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process untuk menentukan bobot setiap kriterian, serta menggunakan metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution untuk melakukan perangkingan alternatif. Hasil dari penelitian ini menampilkan output berupa scoring amai, perhitungan dengan metode ahp-topsis, serta menampilkan output perbedaan grafik, nilai, dan urutan perbaikan akreditasi dari scoring amai dan perhitungan ahp-topsis. Kata kunci : Akreditasi, AHP, Topsis, grafik, desk evaluation, scoring amai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 15 Mar 2019 02:07
Last Modified: 15 Mar 2019 02:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18720

Actions (login required)

View Item View Item