Ekosistem Gumuk Pasir Pantai Tipe Barkhan di Parangtritis Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta "Menuju Kenangan"

Sungkowo, Andi and PURWANTO, Heru Sigit and Muryani, Eni (2016) Ekosistem Gumuk Pasir Pantai Tipe Barkhan di Parangtritis Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta "Menuju Kenangan". Seminar Kebumian XI. pp. 392-393. ISSN 978-602-19765-3-1

[img]
Preview
Text
1a. Prosiding SemNasKeb XI 2016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gumuk pasir merupakan fenomena alam yang unik, menarik, jarang, dan sangat rentan mengalami degradasi. Gumuk pasir tipe Barchan di Parangtrits terbentuk pada daerah beriklim tropika basah dan satu-satunya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan ekosistem gumuk pasir pantai tipe Barchan di Parangtritis dan mengkaji faktor – faktor yang mempengaruhinya. Penelitian diawali dengan analisis pada citra dan Peta Rupa Bumi daerah penelitian. Berikutnya dilakukan pemetaan topografi eksisting untuk melihat fenomena bentuk medan dan penutup lahan. Selain itu, juga dilakukan observasi terhadap penggunaan lahan, pengukuran laju deflasi pembentukan gumuk pasir, serta analisis data iklim khususnya angina dan curah hujan. Hasil observasi dan pemetaan diketahui bahwa keberadaan gumuk pasir di Parangtritis luasannya semakin sempit dan bentuk medan gumuk pasir tipe Barchan semakin punah. Penyebab perubahan luasan dan bentuk gumuk pasir terutama tipe Barchan terjadi karena pengaruh iklim, vegetasi, dan aktivitas manusia.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Depositing User: M.Sc.,S.Si ENI MURYANI
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:53
Last Modified: 15 Mar 2019 07:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18709

Actions (login required)

View Item View Item