PEMODELAN GEOMETRI RESERVOAR PADA LAPISAN A & B, FORMASI BALIKPAPAN, LAPANGAN “X”, CEKUNGAN KUTAI, KALIMANTAN TIMUR

Sutowijoko, Henokh Prasetyo (2018) PEMODELAN GEOMETRI RESERVOAR PADA LAPISAN A & B, FORMASI BALIKPAPAN, LAPANGAN “X”, CEKUNGAN KUTAI, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2. Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 3. Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 5.-Laporan-Skripsi.pdf] Text
5.-Laporan-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Lapisan A dan B, Lapangan “X”, Formasi Balikpapan, termasuk dalam Cekungan Kutai yang berada pada wilayah kerja operasional PT. Pertamina EP Asset 5. Daerah telitian terletak pada Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Cekungan Kutai merupakan salah satu cekungan yang sangat prospek dalam eksplorasi hidrokarbon. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan suatu penelitian pada Lapisan A dan Lapisan B, Lapangan “X”, Formasi Balikpapan, Cekungan Kutai, guna mengetahui persebaran reservoar yang meliputi litologi, fasies, properti petrofisika reservoar serta jumlah cadangan minyak yang ada pada Lapisan A dan Lapisan B.
Penelitian dilakukan dengan didasarkan oleh data sumur berupa wireline log, data seismik, serta data penunjang lainnya. Hasil analisis menunjukkan litologi yang berperan menjadi batuan reservoar pada Lapisan A dan Lapisan B merupakan batupasir. Fasies yang didapatkan adalah fasies distributary channel yang berarah ke Timur, dengan lingkungan pengendapan delta plain. Perhitungan volumetrik hasil penelitian ini menunjukkan jumlah cadangan hidrokarbon yang ada pada daerah telitian sebesar 79.707.127 MSCF gas dan 292.893 STB minyak.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar dilakukan uji produksi pada lapisan B dengan pertimbangan parameter petrofisik cutoff parameter volume serpih 0,5; porositas 0,11; saturasi air 0,7; ketebalan Net Pay 110 ft, dan cadangan STOIIP minyak total sebesar 292.893 STB.
Kata Kunci: Formasi Balikpapan, Persebaran Reservoar, Distributary channel, Volumetrik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:42
Last Modified: 31 Jan 2023 01:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18685

Actions (login required)

View Item View Item